Notification

×

Iklan

Iklan

Biden Sebut Putin dan Hamas Miliki Kesamaan

Jumat, 20 Oktober 2023 | 10:29 WIB Last Updated 2023-10-20T03:29:13Z
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden | net

Kabar Center

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menilai Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki kesamaan dengan hamas. Keduanya kata dia memiliki motivasi motivasi yang sama.

"Hamas dan Putin mewakili ancaman yang berbeda, tetapi mereka memiliki kesamaan: mereka sama-sama ingin sepenuhnya memusnahkan demokrasi di negara tetangga, memusnahkan sepenuhnya," sebut Biden dalam pidatonya dari Ruang Oval Gedung Putih, seperti dilansir Al Jazeera dan CNN, Jumat (20/10/2023).

Pidato Biden tersebut disampaikan pada Kamis (19/10) malam, atau sehari sebelum Gedung Putih meminta Kongres AS meloloskan bantuan dan sumber daya senilai US$ 100 miliar untuk Ukraina, Israel, Taiwan dan perbatasan Meksiko.

Biden melalui pidatonya berupaya menyampaikan argumen untuk meyakinkan publik AS bahwa mendukung Ukraina dan Israel menjadi masalah keamanan nasional negara itu ketika dunia berada pada titik perubahan.

"Saya mengetahui bahwa konflik-konflik ini sepertinya jauh, dan wajar jika kita bertanya mengapa hal ini penting bagi Amerika. Jadi izinkan saya berbagi dengan Anda soal mengapa memastikan keberhasilan Israel dan Ukraina sangat penting bagi keamanan nasional Amerika," kata Biden dalam pidatonya.

"Sejarah telah mengajarkan kita bahwa ketika teroris tidak membayar harga atas teror mereka, ketika para diktator tidak membayar harga atas agresi mereka, mereka akan menyebabkan lebih banyak kekacauan, kematian, dan kehancuran," ucapnya.

Biden berargumen bahwa jika AS tidak membantu untuk 'menghentikan keinginan Putin untuk berkuasa dan mengontrol Ukraina' maka dia tidak akan berhenti pada invasi dan akan melanjutkan penaklukan lainnya di Polandia atau di negara-negara Baltik.

Sementara soal konflik dengan Hamas, Biden menyebut bahwa mendukung Israel telah menjadi bagian dari tujuan AS untuk 'membangun masa depan yang lebih baik bagi Timur Tengah'.

Dengan meminta pertanggungjawaban Hamas atas serangannya, menurut Biden, maka AS akan bisa membantu mencegah konflik di masa depan agar tidak meluas di kawasan tersebut.

"Aliansi Amerika yang membuat kita, Amerika, tetap aman. Nilai-nilai Amerika adalah hal yang membuat kita menjadi mitra yang ingin diajak bekerja sama oleh negara-negara lainnya. Mempertaruhkan semua itu dalam risiko jika kita meninggalkan Ukraina, jika kita meninggalkan Israel -- itu tidak layak dilakukan," katanya.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini