Notification

×

Iklan

Iklan

Waka Polres Samosir Pimpin Rakor Persiapan Event Aqua Bike Word Championship 2023

Kamis, 21 September 2023 | 15:22 WIB Last Updated 2023-09-21T08:22:56Z
Rapat Koordinasi Lintas Sektoral yang berfokus pada penataan Keramba Jaring Apung (KJA) dan upaya pembersihan eceng gondok di perairan Danau Toba

Kabar Center

Waka Polres Samosir Samosir Kompol S.T. Panggabean, S.H., Rapat Koordinasi Lintas Sektoral yang berfokus pada penataan Keramba Jaring Apung (KJA) dan upaya pembersihan eceng gondok di perairan Danau Toba, wilayah Kabupaten Samosir, Kamis (21/09) di Aula Pusuk Buhit Mako Polres Samosir.

Rapat tersebut digelar dalam rangka persiapan kesiapan pelaksanaan Event Aqua Bike Word Championship 2023 di Perairan Danau Toba untuk wilayah Kab. Samosir. 

Rapat juga dihadiri Asisten II Setda Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang, M.M, Pabung Kodim 0210/TU Kapten Inf. Sugiono, Kabag Ops Polres Samosir, Kabid Perikanan Roni Sitanggang, Koordinator Lapangan Dinas Lingkungan Hidup Binsar Silalahi, Kasi PAM Rianto Sinaga, Kabid Promosi Disbudpar Shanny Nainggolan, Kepala UPTD Peralatan Dinas PUTR Piator Situmorang, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Samosir Sarimpol Manihuruk, Para Camat, serta Kapolsek se Samosir.

Wakapolres Samosir menyampaikan bahwa pembersihan eceng gondok akan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Jumat di wilayah Kabupaten Samosir. 

Koordinasi antara berbagai instansi lanjut dia, seperti Polres Samosir, Pemkab Samosir, Camat, Polsek, koramil dan Desa sangat penting dalam menjalankan kegiatan ini. 

"Usaha pengumpulan eceng gondok akan dibantu dengan alat berat dan tujuannya adalah untuk memindahkan eceng gondok ke lokasi di daratan," imbuhnya.

Sementara, Kabag Ops Polres Samosir Kompol M Hasan, S.H., M.H, juga menegaskan pentingnya pembersihan eceng gondok dan keramba jaring apung. 

"Polres Samosir akan fokus pada kebersihan eceng gondok dan menertibkan keramba jaring apung yang ada di kawasan Danau Toba Samosir dimana hal tersebut sudah dilakukan pengecekan oleh Kapolda Sumut," ujarnya.

Masih dalam rapat, Asisten II Pemkab Samosir menyampaikan KJA sekitaran lokasi Event dipindahkan ke Simarsasar, pembersihan eenceng gondok dan merapikan KJA.

"Untuk mempercepat kita bekerjasama dengan Dinas PUTR dan Dinas Lingkungan Hidup serta menghadirkan anggota dan alat berat," ucapnya.

Kabid Promosi Disbudpar Shanny Nainggolan menyampaikan sekitar 30 pembalap dari berbagai negara akan mengikuti kegiatan Moto GP Zetski dengan tema United Spirit Of Toba.

"Kita berikan masukan diganti menjadi United Spirit Of Lake Toba agar seluruh kawasan danau toba ikut serta," kata Shanny.

Lokasi pelaksanaan lanjut dia, dari arah tajur sampai kantor dinas perhubungan WFC sehingga diharapkan percepatan pembangunan WFC.

"Jadwal pelaksanaan di tanggal 24 namun bisa berubah di tanggal 23 sesuai jadwal Pimpinan Negara dan Seremoni akan dilaksanakan di Samosir," ungkapnya.

Soal pembersihan enceng gondok, pihak Dinas PUTR melalui UPTD Peralatan Dinas akan berkoordinasi dengan panitia.

"Demi kelancaran, apabila memerlukan alat berat untuk melakukan pembersihan eceng gondok," katanya.

Kemudian, Kabid Perikanan Roni Sitanggang menyampaikan pihaknya telah melakukan survei, bahwa KJA milik warga Kelurahan Siogung-ogung dan Desa Tanjung Bunga Kecamatan Pangururan dapat direlokasi ke Simarsasar. 

"Kemungkinan besar besok hari akan dimulai pemindahannya," pungkasnya.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini