Notification

×

Iklan

Iklan

5 Klub Sudah Terbentuk, Muscab I Perbakin Samosir Digelar

Rabu, 09 Agustus 2023 | 16:52 WIB Last Updated 2023-08-10T14:08:32Z
Muscab I Perbakin Samosir

Kabar Center

Musyawarah Cabang Olahraga Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Samosir untuk pertama kali digelar di Asrama Koramil 03/Pangururan, Rabu (09/08).

Musyawarah itu dibuka Ketua Koni Kabupaten Samosir Marihot Simbolon dan dihadiri Waka Polres Samosir, Pabung Kapt. Arm G Sebayang, Mewakili Kejari Samosir, Disdikpora Samosir, Ketua PBB Samosir Roland Sitanggang, para anggota klub perbakin dan juga Personel TNI.

Ketua Panitia Musyawarah Tumpal P. Sijabat dalam laporannya mengatakan, musyawarah digelar untuk memilih ketua umum perbakin di Kabupaten Samosir.

"Untuk membentuk perbakin di suatu daerah minimal ada 2 klub. Dan di Samosir saat ini sudah terbentuk 5 klub perbakin di Samosir," ungkap Tumpal.

Sementara Waka Polres Samosir Kompol Saut Tulus Panggabean mengatakan, dengan hadirnya perbakin di Samosir, akan memperkenalkan olahraga menembak dan bisa dikembangkan.

"Dengan wadah perbakin ini, dapat meningkatkan atlet atlet yang handal yang dapat dimajukan tingkat nasional maupun tingkat internasional," pungkas Kompol Saut Tulus Panggabean.

Sebelum membuka musyawarah, Ketua Koni Marihot Simbolon mengatakan Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Cabang baru pertama dibentuk di Samosir.

"Kami mengimbau kepada seluruh klub agar nantinya memberikan bimbingan kepada anggota anggota klubnya. Karena ini olahraga yang sangat diandalkan dan perlu perhatian. Kepemilikan senjata bukan untuk gagah gagahan," ujar Marihot.

Saat ini lanjut Marihot, sebanyak 23 atlet perbakin sudah mengikuti pelatda (pemusatan latihan daerah) untuk ikut bertanding di PON 2024 Aceh Sumut.

"Maka untuk itu kami berharap ketua ketua klub atau pengurus pengurus klub supaya memperhatikan hal dimaksud," katanya.

Marihot melanjutkan, Ketua Umum Perbakin Samosir yang terpilih agar memberikan perhatian serius dan membuat pengawasan agar perbakin di Samosir dapat berjalan dengan baik.

"Karena ini tidak bisa dianggap remeh. Karena bisa berakibat fatal ketika lepas dari pantauan dan imbauan. Kami juga berharap kepada klub klub yang terbentuk ini segera di SK kan oleh Ketua terpilih setelah pelantikan nanti tanggal 14 di Sibolga," imbuh Marihot.

Pada musyawarah itu, Agustianto Sitinjak terpilih sebagai ketua Perbakin Kabupaten Samosir.

Agustianto Sitinjak mengatakan, pembentukan Perbakin di Kabupaten Kota di Sumatera Utara tidak terlepas dari peran Ketua Umum Pengprov Perbakin Sumut Mayjen TNI Achamad Daniel Chardin.

"Puji dan syukur pada hari telah dibentuk di Kabupaten Samosir," katanya.

Agustianto menyebutkan, 5 klub di Samosir diantaranya, klub Asthabarata, klub Ranjer Pahar Shooting, klub Marsada Shooting, klub Persatuan Menembak Pusuk Buhit dan klub News Hunther.

Di kesempatan itu, Agustianto mengharapkan dukungan dari semua pihak terkait pengembangan perbakin di Samosir.

"Kita bukan gagah gagahan, generasi muda harus kita bina dan pimpin. Jauhi narkoba dan memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," katanya.

Tindak lanjut Perbakin ini tambah dia, untuk menghasilkan prestasi dan tidak tertutup kemungkinan atlet perbakin cabang Samosir memiliki prestasi baik di tingkat nasional, sea games dan lainnya.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini