Notification

×

Iklan

Iklan

Curah Hujan Tinggi, Puluhan Rumah Warga Rianiate Terendam Air

Senin, 08 Mei 2023 | 21:37 WIB Last Updated 2023-05-08T14:37:00Z
Rumah warga terendam banjir

Kabar Center

Curah hujan yang tinggi melanda wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Senin (8/5).

Akibatnya, puluhan rumah warga di Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, terendam air setinggi kurang lebih 50 centimeter (Cm).
 
Melansir dari MISTAR.ID, Senin (08/05), sedikitnya 50 rumah milik warga terendam air hingga ketinggian kurang lebih 50 centimeter.

Peristiwa itu terjadi diduga akibat meluapnya Sungai Batang Toru menuju ke Danau Siais, hingga mengakibatkan Danau Siais meluap sampai ke pemukiman warga.

Babinsa Koramil Siais Aliyago mengatakan, meluapnya air sekitar pukul 12.30 WIB.

“Berdasarkan laporan yang kita dapatkan, sebanyak 50 rumah warga Rianiate terendam air setinggi 50 centimeter. Plh Danramil Siais sedang berada di lokasi untuk mengatur arus lalu lintas agar kendaraan yang melintas tidak menimbulkan kemacetan,” ungkap Ali.

Babinsa bersama masyarakat kata dia, melakukan gotongroyong untuk menanggulangi banjir. Pihaknya juga menghibur masyarakat dan membuat tenda darurat.

Dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa. Kondisi badan jalan masih bisa dilalui dengan baik. Hanya saja warga terpaksa memindahkan sebagian barangnya yang sempat terendam air.

Sementara itu, Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat Tapsel untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir ini.

Kapolres menambahkan, sikap waspada sangat penting untuk mengetahui kemungkinan potensi alam di sekitar tempat tinggal masyarakat.

Khususnya di beberapa titik lokasi langganan rawan banjir dan longsor, seperti Kecamatan Angkola Sangkunur, Kecamatan Marancar, Kecamatan Sipirok dan Kecamatan Batang Toru.

“Terutama bagi warga yang tinggal di lokasi rawan longsor atau di bantaran sungai. Tak ada salahnya juga agar kita mengingatkan dan mengawasi anggota keluarga yang rentan menjadi korban hanyut banjir dan longsor,” katanya. (*)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini