Notification

×

Iklan

Iklan

LPM Suara Makrab Ramaikan UKM Exspo AKRB Yogyakarta

Senin, 03 April 2023 | 11:20 WIB Last Updated 2023-04-03T04:20:26Z
Dokumentasi beberapa perintis LPM Suara Makrab. (Foto: Tegar Arya Poen)

Kabar Center

UKM Exspo yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) pada tanggal 1 April 2023, menjadi momen penting bagi mahasiswa AKRB dalam memperkenalkan UKM-UKM yang ada di kampus.

Pada acara UKM Exspo tersebut, terlihat hadir sebuah UKM baru yang menarik perhatian banyak mahasiswa, yaitu Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dengan nama Suara Makrab (Suara Mahasiswa AKRB).

Suara Makrab merupakan UKM baru yang diinisiasi oleh Rivan Efendi, mahasiswa semester 4 AKRB Yogyakarta, yang memiliki minat dan passion dalam bidang jurnalistik.

Rivan mengatakan bahwa ide untuk menhadirkan Suara Makrab muncul ketika dirinya merasa bahwa mahasiswa AKRB belum memiliki wadah yang cukup untuk menampung para mahasiswa yang tertarik dengan jurnalistik.

"Sebagai mahasiswa komunikasi, saya merasa perlu untuk dihadirkannya wadah untuk para teman-teman yang berminat dengan dunia jurnalistik," katanya.

Dikatakan, Suara Makrab bertujuan untuk menjadi media informasi dan opini yang independen, kritis, dan berimbang untuk seluruh mahasiswa AKRB. Melalui media ini, mahasiswa diharapkan dapat terus mendapatkan informasi terkini mengenai berbagai hal yang terjadi di kampus, serta dapat mengemukakan pendapat mereka terhadap berbagai isu yang ada.

Rivan juga menambahkan bahwa Suara Makrab siap untuk berkolaborasi dengan UKM-UKM lain di kampus AKRB untuk menghasilkan konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi seluruh mahasiswa.

"Kami siap bekerja sama dengan UKM lain untuk menghasilkan konten-konten jurnalis yang berkualitas dan bermanfaat bagi mahasiswa AKRB. Kami juga membuka diri untuk menerima kritik dan saran dari seluruh mahasiswa dalam mengembangkan UKM Suara Makrab ini," lanjut Rivan.

Saat ini kata Rivan, keberadaan Suara Makrab belum seutuhnya resmi. Dikarenakan masih terdapar beberapa administrasi yang perlu untuk di lengkapi terlebih dahulu.

“Untuk saat ini secara administrasi kita masih ada beberapa yang perlu di lengkapi dan butuh revisi, sehingga belum seutuhnya resmi, masih proses penyempurnaan,” katanya.

Sementara, Arif Budiman, selaku direktur AKRB menenegaskan bahwa peran mahasiswa tidak hanya dibutuhkan pada gerakan fisik, namun juga perlu untuk berperan dalam bentuk gerakan lainnya.

“Gerakan mahasiswa itu selain gerakan nyata (fisik) juga (terdapat) gerakan pemikiran, gerakan ide, gerakan tulisan,” pungkas Arif saat memberikan sambut pada sesi pembukaan UKM Exspo.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini