Notification

×

Iklan

Iklan

Intus Foris: Pameran Seni Rupa Menggugah Kesadaran Kesehatan Mental

Minggu, 30 April 2023 | 07:33 WIB Last Updated 2023-04-30T00:33:58Z
Poster Pameran seni rupa Intus Foris. (gambar: doc. Intus Foris)

Kabar Center

Pameran seni rupa Intus Foris akan dibuka pada tanggal 1-7 Mei 2023 di Ruang Pamer Temporer Museum Sonobudoyo, Yogyakarta. Pameran ini diadakan sebagai bagian dari tugas akhir mata kuliah Tata Kelola Pameran I, Prodi S1 Tata Kelola Seni, ISI (Institut Seni Indonesia) Yogyakarta.

Tema kesadaran kesehatan mental diangkat sebagai fokus utama pameran dalam rangka memperingati bulan Kesehatan Mental Dunia. 

Judul Intus Foris diambil dari bahasa latin yang berarti Luar Dalam, merujuk pada kondisi psikologi dan fisik. Pameran ini juga diharapkan dapat memberikan refleksi bagi masyarakat tentang pentingnya bernegosiasi dengan keadaan yang sedang terjadi.

Pembukaan pameran akan dilaksanakan pada Senin 1 Mei 2023, pukul 10.30 WIB oleh Sudjud Dartanto, pengamat seni dan juga dosen di ISI Yogyakarta.

Pameran Intus Foris akan menampilkan karya seniman-seniman muda seperti Alin Liandisshanti, Hafizh Aulia Hanani, Kemala Hayati, Muhammad Fahmi Azis, Taufiqur Rohman, Yusup Maulana Ramadhani, dan Komunitas Satu Titik.

Foto karya 1. Seniman : Yusup Maulana Ramdani. Judul karya : Gobar Cup. Dibuat dengan media kanvas,limbah tekstil,dan kayu. Ukuran karya : 32 x 55 x 15 cm. Dibuat pada tahun 2022. (gambar: doc. Intus Foris)

Yusup Maulana Ramadhani, merupakan salah satu seniman yang akan menghadirkan salah satu karya 3 dimensinya yang berjudul Gobar Cup, sebuah boneka yang merepresentasikan proses perasaan, seperti kecemasan. 

Setiap karya seni yang dipamerkan merefleksikan keadaan psikologis dan tema kesadaran mental.

Pameran seni rupa Intus Foris akan dibuka setiap hari mulai pukul 13.00 - 21.00 WIB selama satu minggu. 

Masyarakat dapat mengunjungi pameran ini secara gratis dan diharapkan dapat memberikan apresiasi terhadap pengalaman dan penghayatan dari para seniman yang berpartisipasi. (Rivan)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini