Danramil Pangururan Nobar Pagelaran Wayang Orang 'Pandawa Boyong'

G.M
Senin, 16 Januari 2023, 11:55 WIB Last Updated 2023-01-16T04:55:59Z

Nonton bareng (nobar)

Kabar Center

Komandan Rayon Militer 03/Pangururan Kapten Inf. Sugino nonton bareng Pagelaran Wayang Orang 'Pandawa Boyong' secara daring (dalam jaringan) bersama Kapolres Samosir, Asisten I Pemkab Samosir, Kapolsek Pangururan dan Tokoh Adat di Aula Mako Polres Samosir, Minggu (15/01).

"TNI AL menggelar giat pagelaran wayang orang dengan lakon 'Pandawa Boyong' di Taman Ismail Marzuki (TIM). Ini bagian dari untuk memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2023," ungkap Kapten Sugino.

Ditambahkan, Pagelaran Wayang yang di siarkan secara live streaming ini mengisahkan Pandawa Boyong, bercerita tentang perjuangan Pandawa yang merupakan lambang kehidupan.

"Pesannya untuk mengajak kita sebagai bagian dari masyarakat untuk lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang diwakili oleh masing-masing sosok Pandawa Lima. Pagelaran Wayang Orang ini merupakan salah satu wujud dan peran TNI dalam upaya pelestarian budaya nusantara," katanya.

Informasi yang dihimpun, para pemain dalam pagelaran Wayang ini diperankan langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Panglima TNI Jenderal Yudo berperan sebagai Bima Sena dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit melakoni tokoh Prabu Puntadewa.

Dalam konferensi persnya, Yudo Margono menyebut setidaknya ada 400 personal yang turut serta memeriahkan pagelaran ini. Ia menyebut tujuan kegiatan wayang orang ini tidak lain menyangkut soal pelestarian budaya.

"Ini tentunya kita bersama sama juga akan melestarikan budaya asli Indonesia yaitu budaya kesenian wayang, yang merupakan kesenian asli Indonesia," ujar Yudo Margono kepada wartawan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Minggu (15/1/2023).

Yudo juga menyebut, pagelaran ini merupakan bentuk kerja sama antara TNI dan Polri. Ia mengatakan TNI-Polri juga harus bekerja sama dalam mengabadikan budaya-budaya Indonesia.

"Ini sinergitas TNI-Polri, selain menjaga kedaulatan keamanan, melindungi tumpah darah Indonedia, juga sinergitas TNI-Polri melestarikan budaya asli Indonesia," katanya.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+