Berlanjut, TNI di Pangururan Dampingi Penyaluran BLT Dampak Inflasi

Pio Simbolon
Senin, 19 Desember 2022, 17:59 WIB Last Updated 2022-12-19T10:59:56Z

Selain mendampingi, TNI ikut menyalurkan BLT dampak inflasi kepada masyarakat


TNI melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Pangururan terus melakukan pendampingan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak inflasi kepada masyarakat.

Hari ini, Senin (19/12) Babinsa kembali mendampingi penyaluran BLT kepada masyarakat Pangururan di Aula Kantor Camat Pangururan.

"Penyaluran BLT hari ini diberikan kepada 235 orang penerima dengan besaran Rp. 450ribu per orang untuk penyaluran 3 bulan mulai Oktober sampai Desember 2022," kata Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Sugino melalui babinsa Serda Abidin Sihotang.

Besaran BLT perbulan kepada setiap warga kata dia, senilai Rp. 150ribu untuk per bulan. "Program pemerintah ini untuk menekan laju inflasi di daerah. Dengan adanya BLT ini daya beli masyarakat tetap ada dan juga ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Abidan.

Perlu diinformasikan, sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 840/5412/SJ Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Belanja Bantuan Sosial Dalam Rangka Pengendalian Inflasi di Daerah disebutkan bahwa Belanja wajib perlindungan sosial, antara lain digunakan untuk:

  1. Pemberian bantuan sosial, termasuk kepada ojek, usaha mikro, kecil, dan menengah, dan nelayan;
  2. Penciptaan lapangan kerja dan/ atau
  3. Pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum di daerah.

Sementara, maksud pemberian BLT yaitu untuk menjaga daya beli, melindungi kelompok rentan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Kemudian, tujuan pemberian BLT untuk mengurangi resiko sosial dari guncangan ekonomi dan kerentanan sosial agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dasar minimalnya.

Kegiatan penyaluran BLT itu juga dihadiri, perwakilan dari Kabupaten Samosir, Camat Pangururan, perwakilan Bank Sumut dan warga penerima bantuan. (Kc4)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+