Pemkot Jaksel Berencana Buat Festival 'Tawuran' di Manggarai

G.M
Selasa, 11 Oktober 2022, 18:27 WIB Last Updated 2022-10-11T11:27:12Z

Ilustrasi tawuran

KABARCENTER.com

Jakarta - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan berencana menggelar festival tawuran. Plt Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Ali Murtado, ingin mengubah stigma kegiatan tawuran di Manggarai melalui festival tersebut.

"Dalam perencanaan kami dalam bincang-bincang bersama Pak Kapolres juga karena ini sudah membludak ya ini mau nggak dibikin festival tawuran," kata Ali dalam pertemuan dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan sejumlah warga di Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2022).

Ali mengatakan lewat festival tawuran itu warga nantinya yang biasanya saling lempar batu akan diubah untuk saling lempar tomat atau roti. Konsep festival tawuran itu kini tengah digodok oleh Pemkot Jakarta Selatan.

"Karena Pak Wali lagi mikirin apa ini kita bikin festival tawuran saja ya diubah dari batu mungkin jadi tomat. Berubah dari batu menjadi roti biar menjadi sesuatu yang unik," katanya.

Ali mengaku tawuran warga menjadi persoalan menahun bagi masyatakat di kawasan Manggarai. Dia menyebut persoalan tawuran itu bisa selesai jika semua pihak mulai dari aparat keamanan dan warga ikut terlibat.

Dalam pertemuan dengan jajaran kepolisian dan warga di Manggarai itu, Ali lalu mengutip kalimat mantan Presiden Indonesia, Gus Dur. Ali menyebut kalimat Gus Dur itu bisa menjadi pedoman dalam penyelesaian masalah tawuran di Manggarai.

"Yang perlu menjadi perhatian dari kita semua, pertanyaannya adalah, saya ingat kata-kata Gus Dur, Pak Kapolda, pada saat terjadi kerusuhan di Ambon. Satu juta tentara, satu juta polisi, kalau saya kirim ke Ambon, sedangkan masyarakat yang tidak mau damai, Ambon tidak akan pernah damai," ucap Ali mengutip kalimat Gus Dur.

Festival Tawuran Disambut Terbuka Polisi

Wacana festival tawuran yang digagas Pemkot Jakarta Selatan rupanya disambut positif oleh aparat kepolisian. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengaku mendukung wacana tersebut.

"Mungkin bisa itu festival tahunan Manggarai itu lempar-lemparan tomat. Tapi kalau tomat nanti mahal ya," jelas Fadil.

Dalam kunjungannya itu Fadil juga mengungkap pesan khusus kepada Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary. Kombes Ary diketahui baru dilantik sepekan yang lalu menjadi Kapolres Metro Jakarta Selatan.

"Pesan saya satu ketika melantik beliau. Urusan Manggarai selesai urusan Jakarta Selatan 50 persen pasti selesai," kata Fadil.

Kawasan Manggarai, khususnya yang berada di underpass memang sudah sering menjadi lokasi tawuran. Fadil menyebut persoalan itu harus disikapi dengan pendekatan yang berbeda.

"Saya pesan kepada Pak Ade Ary pas serah terima jabatan, mungkin kita tangani tawuran ini belum sepenuh hati. Makanya saya minta kepada Kapolres yang baru ini untuk tangani sepenuh hati. Karena dengan hati, dengan mencintai warga, saya kira akan selesai," terang Fadil.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+