Besok Arif Sudarto Dilantik Jadi Sekdaprovsu, Masyarakat Jawa Sumut Bersyukur

JM
Kamis, 18 Agustus 2022, 21:48 WIB Last Updated 2022-08-29T03:11:03Z

Ir Arif Sudarto Trinugroho MT 

KABARCENTER.com

Medan – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dijadwalkan akan melantik Ir Arif Sudarto Trinugroho MT menjadi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, Jumat pagi (19/8/) di Aula T Rizal Nurdin Jalan Sudirman 41 Medan.

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, mengatakan pelantikan Sekdaprov Sumut akan dilaksanakan Jumat (19/8) di Aula Tengku Rizal Nurdin. “Ooo…besok (dilantik Sekda),” sebut Edy di Rumah Dinas, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (18/8).

Salah seorang tokoh masyarakat Jawa Sumatera Utara KRT Dr H Hardi Mulyono MAP juga mengemukakan undangan dimaksud sudah beredar dan dia bersyukur karena salah satu putra Jawa terbaik Sumatera Utara, Ir Arif Sudarto Trinugroho MT akan dilantik menjadi Sekdaprovsu.

“Surat undangan pelantikan yang ditandatangani Pj Sekdaprov Sumut, Afifi Lubis SH sudah diterima oleh beberapa pihak,” kata Hardi Muyono, yang juga Rektor UMN Al-Washliyah Medan itu.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah menerbitkan Perpres tertanggal 24 Juni 2022, tentang Pemberhentian Dr. Ir Hj. Sabrina sebagai Sekdaprov Sumut dan Mengangkat Ir Arif Sudarto Trinugroho, MT., sebagai Sekdaprov Sumut menggantikan Sabrina. Selama ini, jabatan Sekdaprov Sumut diemban oleh Afifi Lubis sebagai Pejabat.

Menurut Hardi Mulyono, pengisian jabatan Sekdaprov secara definitif itu, tentu akan berdampak positif bagi jalannya pemerintahan Provinsi Sumatera Utara. Dengan catatan, Arif Trinugroho mampu bekerja secara profesional dan sesuai aturan yang ada.

“Kami akan mendukung penuh mas Arif untuk bekerja secara profesional. Kami akan menjadi pihak terdepan ‘menjewer’ mas Arif, jika dia tidak bekerja dengan profesional,” kata Hardi Mulyono.

Dia juga berharap Gubsu Edy Rahmayadi untuk segera melantik Waris, S. Ag., MM., sebagai Walikota Tanjungbalai dan Susanti Dewayani, Sp.A., sebagai Walikota Pematangsiantar.

Informasi menyebut, Mendagri melalui Kepmendagri No. 131.12-771 Tahun 2022 tertanggal 31 Maret 2022, telah menetapkan Wakil Walikota Tanjungbalai H. Waris, S.Ag., MM., menjadi Walikota Tanjungbalai, dan Kepmendagri No. 131.12.1338 Tahun 2022 tertanggal 8 Juni 2022, menetapkan Wakil Walikota Siantar Susanti Dewayani, Sp.A., menjadi Walikota Pematangsiantar.

“Logikanya Pemerintahan Kota Tanjungbalai dan Pematangsiantar akan berjalan lebih baik, jika dipimpin oleh walikota definitip,” ucap Hardi, yang juga Sekretaris Dewan Pertimbangan Golkar Sumut itu.

Sementara itu tokoh masyarakat Jawa Choking Susilo Sakeh, menyampaikan rasa syukurnya atas pelantikan Arif Sudrato Trinugroho sebagai Sekdaprov Sumut tersebut.

“Sudah selayaknya, dan ini keputusan yang bijaksana,” ungkap Choking Susilo Sakeh, Ketua Umum Paguyuban Sedulur Selawase.

Menurut mantan Sekjen PP Pujakesuma itu, pelantikan Arif sebagai Sekdaprov Sumut definitif merupakan langkah jitu yang memperhitungkan aspek proporsional dan profesional.

Sosok Arif Sudarto Trinugroho sendiri, dikenal sebagai birokrat yang cakap dan Amanah. Arif adalah birokrat yang meniti karir dari bawah. Dia lama bertugas di Pemko Medan, dengan berbagai jabatan pernah diembannya. Arif bahkan dipercaya menjadi Pjs. Walikota Medan pada Pilkada Medan 2020. Arif pindah ke Pemprov Sumut, dan di Pemprov Sumut Arif juga pernah dipercaya mengemban di berbagai jabatan.

Seperti diketahui, jabatan Sekdaprov Sumut sudah lebih 1,5 tahun lowong, setelah Dr. Hj. Sabrina pension di akhir tahun 2020 lalu. Jabatan itu kemudian dipegang oleh Sekretaris DPRD Sumut, Afifi Lubis, sebagai Pejabat Sekdaprov Sumut. (*/Siber)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+