Danramil Pangururan Hadiri Pertemuan Koordinasi Percepatan 5 Pilar STBM

G.M
Jumat, 01 April 2022, 15:00 WIB Last Updated 2022-04-01T08:00:15Z


KABARCENTER.com

Komandan Rayon Militer (Danramil) 03/ Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan ikut menghadiri acara pertemuan Koordinasi Percepatan ODF dan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), di Hotel Sitiotio Kelurahan Siogungogung Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Jumat (01/04).

Ikut hadir dalam pertemuan tersebut Rusdin Pinem dari Provinsi Sumatra Utara, Plh Sekda Samosir Hotraja Sitanggang, Anggota DPRD, Kadis Kesehatan, Ketua TP. PKK Samosir, Kepala Desa, Camat, Plh Danramil dan Lurah Siogungogung.

"5 Pilar STBM itu diantaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PSRT), dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLCRT)," kata Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan.

Menurutnya, percepatan pelaksanaan ke 5 Pilar STBM tersebut perlu dilakukan guna meningkatkan kepedulian masyarakat akan kesehatannya.

"Dari situ masyarakat dipicu untuk berperilaku hidup higienis dan sanitasi," katanya.

Output dari STBM lanjut Donald, adalah menurunnya tingkat kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya.

"TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI. Sinergitas antar lembaga untuk mewujudkan pembangunan di Desa, termasuk percepatan 5 pilar STBM," kata dia.

Donald menambahkan, penyediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat disamping perilaku hidup bersih dan sehat menjadi faktor penting yang tidak boleh dipisah-pisahkan dengan intervensi lainnya. 

"Upaya dengan percepatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat menjadi alternatif yang cukup efektif untuk memicu perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dalam mendukung pencapaian akses air minum dan sanitasi yang layak dan berkesinambungan," pungkasnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+