Bertukar Tahanan Dengan Rusia, AS: Bukan Pembicaraan Diplomat

G.M
Kamis, 28 April 2022, 10:54 WIB Last Updated 2022-08-29T03:11:03Z

Trevor Reed dibebaskan oleh Kremlin dan ditukar dengan seorang pilot Rusia bernama Konstantin Yaroshenko.

KABARCENTER.com

Seorang tahanan mantan Marinir AS bernama Trevor Reed dibebaskan oleh Kremlin dan ditukar dengan seorang pilot Rusia bernama Konstantin Yaroshenko. Pertukaran tahanan tersebut dilakukan Rabu (27/4) waktu setempat di tengah ketegangan yang memuncak akibat invasi Moskow di Ukraina.

Melansir Reuters, Kamis (28/4/2022), sejumlah pejabat AS menegaskan bahwa pertukaran tahanan ini bukan bagian dari pembicaraan diplomat secara luas dan tidak mewakili perubahan pendekatan yang diambil AS terhadap konflik di Ukraina.

Hubungan kedua negara diketahui berada di posisi terburuk sejak era Perang Dingin, setelah Moskow melancarkan invasi militer ke Ukraina pada 24 Februari lalu dan penjatuhan rentetan sanksi dari negara-negara Barat, termasuk AS, terhadap Rusia.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, mengatakan Reed yang berasal dari Texas diperkirakan akan tiba di AS pada Rabu (27/4) malam waktu setempat. Sejumlah pejabat senior AS menyebut Reed yang berusia 30 tahun itu dalam 'semangat yang baik'.

"Hari ini, kita menyambut Trevor Reed yang pulang dan merayakan kembalinya dia kepada keluarganya yang sangat merindukannya," kata Presiden Joe Biden dalam pernyataannya, sembari menekankan kekhawatiran orang tua Reed soal kesehatannya.

"Negosiasi yang memungkinkan kita membawa pulang Trevor membutuhkan keputusan sulit yang tidak saya anggap enteng," ujar Biden.

Mengenai isu penahanan Reed di tengah ketegangan dengan Rusia terkait Ukraina, Biden mengatakan melakukannya. "Saya membahas isu itu. Saya membahasnya tiga bulan lalu," katanya.

Reed dihukum di Rusia tahun 2019 atas dakwaan membahayakan nyawa dua polisi saat mabuk dalam kunjungan ke Moskow. AS menyebut persidangannya sebagai 'teater absurd'.

Secara terpisah, para pejabat AS menyebut Biden mengurangi masa hukuman Yaroshenko, pilot Rusia yang ditangkap pasukan khusus AS di Liberia tahun 2010 lalu dan dinyatakan bersalah atas penyelundupan kokain ke AS. 

Rusia telah mengusulkan pertukaran pertahanan untuk Yaroshenko pada Juli 2019 dengan imbalan pembebasan warga AS yang mana saja yang ditahan di Moskow.

Pertukaran tahanan ini terjadi di Turki dan AS telah berterima kasih kepada Turki, sekutu NATO, atas bantuannya dalam pertukaran tahanan ini.

Kantor berita Rusia melaporkan bahwa Yaroshenko diterbangkan dari Ankara ke Sochi dan kemudian ke Moskow. Saluran berita utama Rusia, Rossiya 1, menunjukkan video Yaroshenko dipeluk oleh istri dan anaknya di tarmac bandara Moskow.

Biden dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyatakan mereka terus berupaya untuk membebaskan warga-warga AS lainnya yang masih ditahan di Rusia. Salah satunya Paul Whelan yang juga seorang mantan Marinir AS. Whelan ditahan atas dakwaan spionase yang telah dibantahnya.

Selain Whelan, ada juga bintang basket AS Brittney Griner yang ditahan di bandara Moskow pada 17 Februari lalu saat penggeledahan kopernya berujung temuan kartrid vape berisi minyak ganja. Dia terancam hukuman maksimum 10 tahun penjara di Rusia.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+