Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup Samosir Martua Sitanggang Resmikan Objek Wisata Siarubung di Harian

Sabtu, 22 Januari 2022 | 21:21 WIB Last Updated 2022-08-29T03:11:03Z
Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang di lokasi Objek Wisata Siarubung

KABARCENTER.com

Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM didampingi  Asisten II Setdakab Samosir Hotraja Sitanggang, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir Tetti Naibaho meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Wisata Siarubung di Desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian, Sabtu (22/01).

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Samosir saya ucapkan selamat atas diresmikannya BUMDes  Wisata Siarubung dan kepada seluruh pengelola, mudah-mudahan BUMDes ini berjalan lancar, serta dapat bermanfaat  bagi masyarakat Desa Turpuk Limbong secara khusus dan Kabupaten Samosir secara umum," kata Martua Sitanggang.

Dengan diresmikannya BUMDes Wisata Siarubung, merupakan langkah awal dari implementasi tanggung jawab pengurus sebuah badan usaha dalam  pelaksanaan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat.

Wabup berharap kepada pengelola menyambut baik peresmian bumdes ini dan berharap BUMDes Wisata Siarubung  Desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian,  dapat menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat, serta mengembangkan daya saing  dan daya ungkit masyarakat dalam memberdayakan potensi yang ada di desa. 

"Pengelola bumdes agar aktif mencari  informasi dan belajar dari bumdes yang telah sukses dalam pengelolaaan. Pengurus/pengelola bumdes agar dapat melibatkan warga desa dalam pengelolaan BUMDes, memberdayakan sumber daya manusia dan mengupayakan kesejahteraan yang lebih merata," imbuhnya.

Pemerintah Desa juga lanjut dia, agar dapat mengarahkan perkembangan BUMDes melalui penerbitan peraturan dan kebijakan, menggerakkan partisipasi masyarakat desa dan memberikan  bimbingan kepada seluruh pengelola BUMDes serta menciptakan kondisi yang kondusif dalam pengembangan BUMDes.

Sementara, pelaksana Camat Harian Harry Naibaho menyatakan akan terus mengedukasi masyarakat dalam menjaga keberasihan lingkungan, ramah terhadap pengunjung dan berperan serta dalam pengembangan Pariwisata di Kecamatan Harian. 

Perlu diketahui bahwa dalam waktu dekat di Kecamatan Harian akan dibuka objek-objek wisata baru antara lain Air Terjun Amazon di Desa Sosor Dolok yang mana air terjunnya lebih besar dan tidak kalah indah dari air terjun Efrata kemudian Objek Wisata Alam dan Perkemahan di Desa Partungko Naginjang.

Objek wisata ini telah mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat dimana Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI telah memberikan bantuan pembangunan untuk objek ini. 

"View dan keindahan objek wisata Desa Partungko Naginjang ini tidak kalah indah dengan Objek Wisata yang ada di daerah lain," pungkas Harry. (*)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini