Berlanjut, PBB Samosir Tanam Pohon di Simanindo

JM
Senin, 29 November 2021, 18:15 WIB Last Updated 2021-12-12T06:55:43Z


KABARCENTER.com

Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Samosir melalui PAC PBB Simanindo kembali melakukan aksi peduli lingkungan. Ormas tersebut melaksanakan penanaman pohon di Desa Huta Ginjang Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, Minggu (28/11).

"Pohon yang ditanam jenis Mahoni dan Sengon yang berjumlah ratusan bibit. Ini kita lakukan untuk menjaga agar sepanjang jalan yang curam dapat terjaga dan terlindungi dari longsor," kata Ketua PAC PBB Simanindo Renhard Sidabutar.

Sebelum melakukan penanaman pohon, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Camat Simanindo Hans Rikardo Sidabutar, Kepala Dusun dan Kepala Desa Setempat.

"Kita berharap agar pohon tersebut bertumbuh dengan baik dan dapat dijaga oleh semua elemen. Semoga saja aksi-aksi penebangan pohon yang pada akhirnya akan merugikan masyarakat tidak terjadi. Mari kita rawat lingkungan kita," katanya.

Sementara, Ketua DPC PBB Kabupaten Samosir Roland Sitanggang, SH mengaku bangga dan mengapresiasi kegiatan penanaman pohon tersebut. Menurutnya, penanaman pohon sangat perlu.


"Selain menjaga erosi, menanam pohon juga bisa membantu mengurangi kadar karbon dioksida di udara secara signifikan dan keuntungannya dapat melepas oksigen ke udara," kata Roland.

Lebih jauh Roland menambahkan, dengan adanya pohon, maka tekanan air dari hujan lebat yang terjadi bisa diredam sebelum mencapai tanah dan kelebihan airnya bisa diserap oleh akar. "Dari situ Risiko longsor jadi berkurang," tukasnya.

Sebelumnya tambah Roland, PBB Samosir juga sudah menanam 1000 Pohon mahoni di kawasan pinggiran jalan Tele.

"Berguna sebagai penyangga tanah agar tidak longsor. Kemungkinan 3 sampai 5 tahun lagi pasti sudah bertumbuh besar. Semoga bermanfaat bagi tanah leluhur kita ini," tutur Roland Sitanggang.

"Samosir ini tanah Leluhur kita. Kita harus sama-sama menjaganya. Dengan ini, saya berharap Pemerintah Daerah dapat mendukung segala kegiatan PBB Samosir. Terimakasih dan tetap satu komando," pungkasnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+