Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir Kukuhkan Desa Wisata Sijambur dan Pokdarwis O² Lumban Pokki

Kamis, 28 Oktober 2021 | 19:55 WIB Last Updated 2021-11-09T02:31:52Z

KABARCENTER.com

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST mengukuhkan Desa Wisata Sijambur dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) O² Lumban Pokki Desa Sijambur, Kecamatan Ronggur Nihuta, Kamis (28/10).

Adapun pengurus inti Kelompok Sadar Wisata O² Lumban Pokki yang dikukuhkan diantaranya, Ketua Jahadim Tamba, Sekretaris Eko Sihotang, Bendahara Linton Tamba bersama dengan Bidang-bidang lainnya. Pokdarwis ini akan mengelola dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa Wisata Sijambur.

Kadis Pariwisata Dumosch Pandiangan dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam program Pemkab Samosir membangun pariwisata yang berkelanjutan dengan melibatkan orang-orang muda yang kreatif, salah satunya melalui pengembangan Desa Wisata. 

Desa Wisata Sijambur memiliki potensi sistem perlebahan, budidaya serai wangi yang sekaligus sebagai sarana edukasi dan rekreasi. "Kedepan kawasan ini bisa menjadi pusat rujukan pengembangan perlebahan di Samosir bahkan di Sumut," ungkap Dumosch.

Ketua Pokdarwis O² Lumban Pokki dalam sambutannya mengatakan bahwa pengembangan perlebahan di Sijambur ini diawali dari inisiasi oleh Kementerian Kehutanan dan  Lingkungan Hidup melalui KPH13 dengan memberikan bantuan bibit lebah madu. 

Disampaikan bahwa, dengan konsep ALAM (ada alam ada madu), Pokdarwis O² Lumban Pokki akan berupaya semampu mungkin untuk mengembangkan potensi yang ada di Desa Wisata Sijambur. 

Konsep yang sudah dirancang kedepan adalah bagaimana peningkatan produksi madu dan turunannya, pengolahan serai wangi dengan nilai tambah, termasuk hasil olahan limbah menjadi kompos, dan makanan ternak. Serta mengembangkan Desa Wisata Sijambur menjadi pusat edukasi perlebahan.

Penasehat DPD ILMI Kabupaten Samosir Marhuale Simbolon dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan selamat atas pengukuhan Desa Wisata Sijambur dan Pokdarwis O² oleh Bupati Samosir. Ini merupakan aksi nyata yang diharapkan oleh Pemerintah dari masyarakat dalam pengembangan pariwisata.

Beliau mengharapkan kedepan, semua produk-produk di Desa Wisata Sijambur dapat difasilitasi oleh Pemkab salam hal pengemasan dan pelabelan produk. Dan tentunya harus mengutamakan Kualitas Produk.

Ketua DPD ILMI (Inspirator Lebah Madu Indonesia) Kabupaten Samosir Tomuraja Tamba menyampaikan selamat kepada Desa Wisata Sijambur dan Pokdarwis O² Lumban Pokki. Kegiatan ini diharapkan menginspirasi masyarakat dalam perlebahan dan pelestarian alam, karena tanpa alam tidak ada lebah.

ILMI Samosir sangat mendukung dan  akan berupaya bagaimana Samosir lestari alamnya, madunya berlimpah. Karena madu memiliki manfaat yang luar biasa. 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dalam sambutannya menyampaikan Selamat dan Sukses kepada pengurus Pokdarwis yang baru dikukuhkan dan berharap mampu mengemban tugas pengembangan kepariwisataan. 

Kepada pemilik lahan yang bersedia memberikan lahannya untuk dijadikan sebagai kawasan wisata edukasi hutan lebah, Vandiko menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya.

"Mari bersinergi dengan Pemkab, agar kedepan bisa berkembang dan mandiri secara ekonomi dengan mengandalkan semua potensi yang ada. Pemerintah akan hadir membekali melalui pelatihan dan pembinaan bagaimana memberi nilai tambah bagi produk-produk yang ada," pinta Bupati.

Kedepan diharapkan Desa Wisata ini dapat menjadi pusat rujukan edukasi perlebahan dan tentunya dengan dukungan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan. (rel)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini