Pasca Ditetapkan PPKM Level 2, Ini Arahan Gubsu

Pio
Kamis, 23 September 2021, 21:05 WIB Last Updated 2021-10-21T06:20:28Z


KABARCENTER.com

SAMOSIR - Forkopimda Samosir menerima kunjungan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi beserta rombongan di Samosir Cottage, Tuktuk, Simanindo, Samosir (23/9).

Sebelum memberikan arahan dan penguatan, Gubsu beserta rombongan meninjau vaksinasi di Puskesmas Ambarita, Simanindo. Hal ini dilakukan Gubsu untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Samosir.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk memberi arahan dan penguatan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah pasca ditetapkannya Kabupaten Samosir pada PPKM Level 2 berdasarkan Instruksi Menteri dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2021 dan Surat Edaran Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.54/42/INST/2021. 

Di hadapan Forkompimda dan jajaran Pemkab Samosir, Gubsu memaparkan: (1) produksi dan kebutuhan pangan strategis; (2) produksi dan kebutuhan produk peternakan; dan (3) realisasi pendapatan dan belanja kabupaten/kota terkini pada masa pandemi Covid-19.

Pada paparannya, Gubsu menekankan kepada para camat dan kepala desa agar dapat menggali potensi dan sumber daya alam di wilayahnya masing-masing. Selain potensi pariwisata, Gubsu juga menekankan masing-masing desa mengupayakan ketahanan pangan agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan melalui peningkatan produksi pertanian. 

Jika dikelola baik, kata Gubsu, maka desa dan masyarakatnya dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri tanpa bergantung pada pasokan dari daerah lain dengan prinsip membangun desa menata kota.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Gubsu beserta rombongan di Kabupaten Samosir.  

Selain itu, Bupati memaparkan kondisi penanganan Covid-19 di Kabupaten Samosir. Pemkab Samosir, lanjut Bupati, tengah melakukan upaya percepatan vaksinasi dan pengendalian serta penanganan Covid-19 di Kabupaten Samosir.

Bupati juga memaparkan bahwa Pemkab Samosir sedang mengupayakan pembangunan di semua sektor dalam rangka pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19. Perihal pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Bupati meminta dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam bentuk bantuan modal usaha dan pembangunan sarana dan prasarana UMKM.

Pada kesempatan itu, Gubsu memberikan bantuan alat pertanian, obat-obatan serta benih padi inbrida, benih jagung hibrida, dan benih kacang tanah.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+