Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa UNRI Gelar KKN di Samosir

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 15:51 WIB Last Updated 2021-08-24T04:39:00Z
Mahasiswa dan Mahasiswi Unri berbaur dengan bocah Samosir

Kabar Center - Samosir

Para Mahasiswa/i dari Universitas Riau (UNRI) melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Samosir, tepatnya di Desa Rianiate, Kecamatan Pangururan. 

Program KKN yang berlangsung kurang lebih selama 40 hari Kalender ini melibatkan 10 Orang dalam satu Tim.

Selama di Desa Rianiate, para Mahasiswa/i tersebut, telah melakukan banyak hal.

"Dan ini merupakan wujud pelaksanaan program yang telah disusun dengan perencanaan yang matang," kata Koordinator KKN UNRI 2021 Desa Rianiate Panji Haratua Sibarani, Kamis (12/08).

"Sejauh ini program kami terlaksana dengan baik," lanjut Panji.


Panji menambahkan, untuk KKN tahun ini, mereka membawa 3 tema. Dimana Yang pertama adalah tema New Normal, yang kedua ada tema literasi, dan yang ketiga adalah tema unggulan. 

Dirinya mengaku, pihaknya telah membantu aparat desa membuat posko Covid-19, membagikan masker kepada masyarakat, serta memberikan edukasi terkait  Pandemi Covid-19 saat ini. 

Untuk program unggulan, Tim KKN UNRI 2021 menyadari bahwa kondisi geografis dari Desa Rianiate terbagi atas 3 Dusun yang jaraknya berjauhan. 

"Dan besar kemungkinan, akan sangat sulit ketika orang yang hendak ke Desa ini, untuk menemukan lokasi yang dituju. Maka kami angkat satu program kerja membuat plang nama jalan. Semoga ini menjadi salah satu solusi," harap Panji


Tak hanya sebatas itu, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 76, Mahasiswa/i ini turut membantu pihak Aparat Desa Rianiate untuk membersihkan makam Pahlawan yang ada di Samosir, yaitu Makam Pahlawan Si Dam-Dam.

Sementara itu, salah satu peserta KKN UNRI 2021 Jona Steven Sitanggang menceritakan bahwa situasi Pandemi saat ini sedikit mempersulit mereka dalam menjalankan program, dan bahkan untuk bersosial kepada Masyarakat setempat. 

"Namun walaupun demikian, hal ini tidak menyurutkan niat kami melakukan pengabdian kepada masyarakat," jelas Jona.

Jona berharap, dengan terlaksananya Program KKN UNRI 2021 ini dapat bermanfaat kepada Masyarakat, terkhusus di Desa Rianiate. (*)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini