Bupati Samosir Sampaikan Paparan di Rapat Pendeta HKBP Distrik VII Samosir

Pio
Jumat, 20 Agustus 2021, 12:38 WIB Last Updated 2021-08-24T04:39:00Z


Kabar Center - SAMOSIR

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menyampaikan paparan Sinergitas Pemerintah dan Gereja dalam Pembangunan, pada rangkaian acara Rapat Pendeta HKBP Distrik VII Samosir yang digelar di Gereja HKBP Bolon Pangururan, Jumat (20/8).

Rapat ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan, dihadiri oleh Praeses dan seluruh Pendeta HKBP Distrik VII Samosir, dan akan dihadiri oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butar-butar.

Dalam paparannya Bupati menjabarkan Visi dan Misi Kabupaten Samosir yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Samosir 2021-2026. 

Samosir menetapkan Visi nya yaitu terwujudnya masyarakat samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan dan dijabarkan dalam 3 Misi yakni, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, responsif dan bersih, membangun kemandirian ekonomi berbasis pertanian dan pariwisata berkelanjutan yang didukung infrastruktur dasar yang berkualitas dan meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan sumber daya manusia yang berkepribadian dan berbudaya.

Untuk mencapai Visi dan Misi tersebut, Vandiko mengungkapkan akan menggunakan strategi dengan cara mengembangkan sistem pemerintahan yang terintegrasi, penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, peningkatan kapasitas SDM dan inovasi sektor unggulan, peningkatan infrastruktur yang berkelanjutan, pemenuhan hak dasar warga miskin, peningkatan kualitas manajemen dan layanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan daya saing pendidikan, pemberdayaan masyarakat, internalisasi nilai-nilai budaya dan pengembangan penguatan budaya lokal.

Ditambahkannya bahwa ada 10 proyek unggulan/program pembangunan daerah diantaranya tenaga medis handal, peningkatan dan pemerataan jalan dan jembatan penghubung antar desa, peningkatan kemampuan guru, pemberian dan inisiasi sekolah vokasi/akademi komunitas dan pemberian beasiswa pada pelajar kurang mampu dan berprestasi, pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan atau BPJS gratis, pembangunan infrastruktur jalan desa irigasi, air bersih dan tata kelola persampahan dan pengadaan alat berat untuk pembukaan jalan strategis dan peningkatan kualitas layanan jaringan telekomunikasi dan internet diseluruh Kabupaten Samosir. 

Termasuk pengadaan air minum, pembangunan pariwisata yang melibatkan para pemuda dan masyarakat, pembentukan UMKM dengan menghadirkan UMKM 6 produk di 128 desa dan 6 kelurahan dan yang terakhir ketersediaan pupuk dan bibit yang merata.

Mengakhiri paparannya, Bupati berharap peran serta gereja dalam mendukung kebijakan Pemkab Samosir untuk mencapai target kinerja sesuai RPJMD 2021-2026.

"Secara khusus dalam menghadapi Pandemi Covid-19, agar gereja secara ketat menerapkan protokol kesehatan, memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada jemaat, serta meningkatkan kualitas kerohanian," pungkas Vandiko. (Rel)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+