Tekan Kasus Covid-19 di Samosir, TNI-Polri Patroli Skala Besar

Kabar Center
Sabtu, 24 Juli 2021, 10:15 WIB Last Updated 2021-08-14T02:09:42Z

Kolase foto | Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon memberikan bantuan sembako kepada lansia (kiri) dan anggota TNI Koramil 03 Pangururan menyematkan langsung masker kepada warga saat melakukan patroli skala besar, Jumat malam (23/07) di Pangururan.

Kabar Center - Samosir

TNI dan Polri melaksanakan patroli berskala besar di wilayah Pangururan Kabupaten Samosir, Jumat malam (23/07). Patroli yang langsung dipimpin Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Samosir.

"Adanya perintah untuk melaksanakan Patroli skala besar antara TNI dan Polri tentang PPKM mikro dan memperhatikan semakin meningkatnya trend angka terkonfirmasi secara khusus di Samosir," kata Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, melalui keterangan tertulis yang diterima Kabar Center, Sabtu (24/07).

Disebutkan, sasaran patroli dilaksanakan adalah tempat-tempat kerumunan yang dapat menimbulkan cluster penyebaran Covid 19 di Samosir.

Pada pelaksanaan patroli, petugas juga membagikan masker kepada warga yang tidak menggunakan masker dan memberikan sembako terhadap masyarakat terdampak Covid 19.

"Warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan tetap kita tegur dan kita beri imbauan. Untuk pemilik warung dan pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi pembatasan jam operasional sebagaimana Surat Edaran Bupati Samosir," tutur Josua.

Kepada pengunjung dan pengelola usaha, petugas melalui Binmas kata Josua, menjelaskan angka terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Samosir terus meningkat, maka diharapkan agar tetap mematuhi prokes untuk kesehatan demi keselamatan bersama.

"Pada saat operasi patroli, pelaku usaha yang masih beroperasi diminta untuk menutup usahanya, karena telah melewati batas jam operasi sebagaimana yang telah ditentukan dalam surat edaran Bupati Samosir," kata Josua.

Sementara itu, TNI dari Koramil 03/Pangururan yang turut ikut dalam patroli mengharapkan kerjasama semua pihak untuk ikut meredam penyebaran Covid-19 di Samosir.

"Sesuai surat Edaran Bupati Samosir, bahwa jam operasional hingga pukul 20.00 Wib. Untuk itu mari kita patuhi dengan harapan angka kasus Covid-19 di wilayah kita ini dapat menurun," kata Danramil 03/ Pangururan Kapt. Inf. Donal Panjaitan melalui Babinsa Serda T. Sihotang.

Dari operasi yang digelar, petugas kata Sihotang, masih menemukan pelanggaran protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak.

"Petugas tetap memberikan dan mengimbau kembali agar tetap mematuhi prokes. Metode yang dilakukan tentu dengan cara persuasif dan humanis agar masyarakat tidak tertekan dan lebih memahami situasi saat ini," pungkas Serda T. Sihotang.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+