Marinir TNI dan Amerika Serikat Latihan Bersama

G.M
Sabtu, 05 Juni 2021, 14:49 WIB Last Updated 2021-06-05T07:49:47Z
Marinir Indonesia dan Amerika berlatih bersama/Foto: Istimewa (dok.Dispen Kormar)

Kabar Center - Situbondo

Prajurit Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir TNI AL dan United States Marines Corps (USMC) Reconnaissace Unit, melakukan latihan bersama Reconex 21-II. Mereka latihan Small Unit Tactical dan perang kota atau Military Operations On Urban Terrain (MOUT).

Latihan digelar di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir 5 Baluran, Situbondo, Sabtu (5/6/2021). 

Latihan itu dipantau langsung oleh Komandan Satgas Latihan Letkol Marinir Supriyono dan Pasopslat Lettu Marinir Eko, S.S Putra. Tujuan latihan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik dan taktik prajurit.

Letkol Marinir Supriyono mengatakan, materi yang dilatihkan meliputi taktik perang kota seperti pemantapan latihan tanda-tanda visual dalam patroli, teknik melintasi bangunan, serta tehnik penyerangan pemukiman dan kota.

"Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut yaitu meningkatkan profesionalisme prajurit Marinir kedua Negara. Khususnya prajurit Intai Amfibi Korps Marinir yang memiliki kemampuan bertempur di tiga media (Tri Media) yaitu di darat, laut dan udara," katanya melansir detikcom.

Di samping itu, latihan perang kota kali ini juga untuk melihat sejauh mana taktik maupun teknik yang digunakan Marinir kedua negara, apabila terjadi permasalahan atau konflik di permukiman dan bagaimana cara penyelesaiannya.

"Tentu dalam latihan ini kita bisa mempelajari taktik mereka dalam melumpuhkan musuh," ujarnya.

Latihan bersama setiap dua tahun sekali antara Korps Marinir TNI AL dan USMC ini, sebagai implementasi kesepakatan antara pemerintah RI dengan pemerintah Amerika Serikat, untuk memperkuat kerja sama bilateral bidang pertahanan.

Kegiatan latihan yang dengan sandi Reconex 21-II digelar sejak tanggal 3-17 Juni 2021 mendatang. Ada dua lokasi latihan, yaitu di Puslatpurmar 5 Baluran Karang Tekok, Situbondo dan Puslatpurmar 7 Lampon, Banyuwangi. (Dtc/kc2)
Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+