Notification

×

Iklan

Iklan

Untuk Kesejahteraan Penenun, Pemkab Toba dan DEL Gelar Pelatihan Aplikasi Di-tenun

Rabu, 19 Mei 2021 | 16:35 WIB Last Updated 2021-05-31T15:53:46Z

Kabar Center - Toba

Ketua Dekranasda Toba Ny. Rita Marlina Sitinjak Poltak Sitorus membuka acara Pelatihan Aplikasi Di-tenun yang diselenggarakan oleh Dinas Perinkop UKM Toba dan IT Del di Gedung Dekranasda Pasar Balerong Balige Toba, Kamis (29/4/2021).

Kadis Perinkop UKM Toba, Tua Pangaribuan dalam sambutannya menyampaikan kiranya peserta para perajin penenun dapat mengikuti dengan serius acara pelatihan ini.

Disampaikan, Bupati Toba juga mengucapkan terimakasih kepada IT Del yang telah mengambil peran, dan ini bisa menjadi nilai tambah kepada para penenun.

“Kita menyadari selama ini para penenun kita ini hanya memperoleh upahan dari hasil tenun ini, diharapkan nanti para penenun ini nanti bisa menjadi wirausahawan-wirausahawan ke depannya,” kata Tua Pangaribuan.

Narasumber dari IT Del adalah Verawati Situmorang yang merupakan Ketua LPPM IT Del (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IT Del) menyampaikan Aplikasi Di-tenun ini merupakan aplikasi yang dihasilkan dari penelitian Dosen IT Del yang diketuai oleh Dr. Arlinta Barus yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan di Universitas IT Del.

"Aplikasi ini dibuat awal yang menjadi perhatian adalah untuk kesejahteraan penenun, bagaimana kita dengan teknologi bisa hadir membantu para penenun kita itu, karena kesejahteraan penenun kita lihat sangat perlu ditingkatkan, tidak hanya sebatas menerima upahan saja," kata Verawati.

Diakhir sambutannya dia, menyampaikan kesiapan bekerja sama dan mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Toba atas acara tersebut dan kiranya para penenun tetap semangat dan serius untuk bisa mengikuti pelatihan.

Selanjutnya Ketua Dekranasda Toba Ny. Rita Marlina Sitinjak Poltak Sitorus mengucapkan banyak terimakasih kepada IT Del yang sudah berperan dalam pelatihan ini.

“Kita bersyukur ya bapak, Ibu, para penenun kepada Tuhan atas pelatihan ini. Ini sudah sangat membantu kita dan menambah wawasan kita bagaimana cara menenun melalui aplikasi,” kata Rita Marlina. 

Kerjasama ini diharapkan tetap berlanjut dengan baik dan diharapkan para penenun nanti dapat menjadi wirausahawan yang kompeten ke depan.

Turut hadir pada acara tersebut Jajaran Dinas Perinkop UKM Toba, Diskominfo Toba dan Humas Toba. (Rel)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini