Tanam Kopi di Samosir, Danrem: Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga

G.M
Minggu, 11 April 2021, 14:37 WIB Last Updated 2021-04-11T07:37:37Z

Kabar Center - Samosir

Komandan Resor Militer (Danrem) 02/KS Kol Inf Febriel Buyung Sikumbang melaksanakan penanaman kopi di Desa Pardomuan Nauli, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (10/4).

Danrem bersama rombongan disambut pihak Rayon Militer 03/Pangururan bersama Camat Pangururan, Kapolsek Pangururan, Dinas Pertanian Kabupaten Samosir, Kepala Desa setempat dan petani di Desa Pardomuan Nauli.

Penanaman bibit kopi ini merupakan rangkaian touring Danrem bersama para Dandim dan PJU Korem. Pada kesempatan itu Danrem juga berbagi kasih dengan masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Kepada para petani kopi yang ada di Samosir, Danrem berpesan agar bibit kopi unggulan yang ditanam dirawat dengan baik.

"Dengan dirawatnya bibit kopi ini, nantinya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di Samosir. Terlebih lagi kebutuhan akan kopi terbilang cukup tinggi, karena selain diminum juga digunakan untuk bahan kosmetik dan pengharum," ujar Danrem.

Menurut Danrem, kopi adalah salah satu komoditi pada subsektor perkebunan yang memiliki peranan penting terhadap perekonomian Indonesia. Di mana Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi terbesar yang berkualitas di dunia.

"Sebagaimana kita ketahui, Pemkab Samosir dan PT. Sumatera Specialty Coffees (SSC) sudah menciptakan program pilot projek kebun kopi yang dapat mengangkat perekonomian masyarakat melalui pengembangan  pendapatan para petani kopi. Untuk itu diharapkan masyarakat memanfaatkan konservasi penghijauan untuk kawasan lahan," katanya sembari menyebut kopi Sumatera adalah kopi yang paling mahal, dan memiliki nilai ekonomi paling tinggi.

Sebelum Danrem bersama rombongan tiba di Samosir, rombongan terlebih dahulu meninjau pembangunan 30 unit rumah dinas Kodim 0210/TU, di Desa Silangkitang, Kabupaten Tapanuli Utara, yang dilanjutkan peninjauan pembangunan Jembatan Gantung di Desa Pagar Batu. (Rel/*)


Baca juga:

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+