Notification

×

Iklan

Iklan

TNI AD dan US Army Akan Latihan Bersama Pada Program SFAB

Jumat, 12 Maret 2021 | 11:08 WIB Last Updated 2021-05-31T15:53:46Z
SC Vicon | dok. TNI

Kabar Center - Jakarta

TNI AD akan melaksanakan latihan bersama dalam kegiatan latihan Security Force Assistance Brigade (SFAB) yang akan diberikan oleh US Army. 

Hal ini terungkap ketika Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melaksanakan video conference (vicon) dengan Pangkostrad Letjen TNI Eko Margiyono dan Panglima Divisi Infanteri.

Jenderal TNI Andika didampingi oleh Asisten Latihan (Aslat) KSAD Mayjen TNI Harianto dalam vicon tersebut.⁣

Aslat Harianto menjelaskan, durasi latihan dalam program SFAB mengalami perubahan waktu akibat adanya dinamika. Latihan awalnya direncanakan enam bulan kini hanya empat bulan.

"Sehingga ada revisi satuan yang terlibat," tuturnya dalam tayangan video yang diunggah TNI AD, Jumat (12/3/2021). 

Dia mengatakan program ini akan dipimpin Kapten Charles Le Shaun Smith dengan membawa 10 personel US Army. Selain itu, SFAB akan digelar di tujuh batalion Kostrad.

"SFAB ini ada 10 orang personel dari Amerika yang dipimpin oleh Kapten Charles, kemudian untuk kegiatan akan dilaksanakan di tujuh batalion di jajaran Kostrad," kata Harianto.

Masih dalam vicon tersebut, Jenderal TNI Andika berpesan kepada Letjen TNI Eko Margiyono supaya mengkoordinir pelatihan ini dengan baik. Hal itu agar transisi latihan berjalan baik. Latihan dimulai dari satuan tertinggi, lalu baru ke satuan yang paling bawah.

"Saya ingin Pangkostrad agar mengkoordinir khususnya di tanggal-tanggal di mana mereka ada di batalion, kalau bisa supaya mereka ada gambaran bahwa batalyon 328 ada di bawahnya Brigif 17, nah Brigif 17 ada di bawah Divisi 1. Jadi setiap perpindahan batalion itu mereka akan lebih bagus kalau dipandu mengawali kegiatan di batalion yang dimulai dari tingkat atas," kata Andika.
Andika berharap kegiatan SFAB ini dapat menambah wawasan para personel TNI AD. Selain itu, diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat.

"SFAB ini kita tujukan untuk para jajaran personel Infanteri yang langsung di bawah Kostrad, dengan tujuan untuk mereka menambah wawasan dalam setiap interaksi yang dilakukan baik dengan olahraga bersama serta mencoba mengoperasikan alat-alat yang dibawa untuk Battle Night,” katanya.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini