PPKM Skala Mikro di Samosir, TNI Laksanakan Tracer Covid-19

JM
Senin, 22 Maret 2021, 12:04 WIB Last Updated 2021-03-22T05:04:31Z
Babinsa memberikan pengarahan sekaligus teguran secara persuasif kepada warga yang tidak menggunakan masker

Kabar Center - Samosir

Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui babinsa Koramil 03 Pangururan melaksanakan tracer atau pelacak penyebaran Covid-19 di Pangururan Kabupaten tepatnya di Jalan depan Mapolsek Pangururan, Senin (22/03).

"Ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Kementerian Kesehatan RI dengan TNI dalam melaksanakan Testing, Tracing, dan Treatment. Tracer dilakukan sampai ke tingkat desa untuk memutus rantai penularan COVID-19," kata Danramil 03/Pangururan Kapt. inf. Donald Panjaitan melalui Babinsa Serma Santoso.

Santoso menyebut, jumlah personil yang diterjunkan sebagai tracer sebanyak 4 personil. Sementara warga yang di tracing sebanyak 13 orang.

"Hasil yang kita temukan, terdapat 6 orang warga yang tak menggunakan masker. Memberikan sosialisasi dan teguran kepada warga yang tidak menjaga jarak sebanyak 5 kali dan membubarkan kerumunan sebanyak 4 kali," kata Santoso.

Bagi warga tak menggunakan masker atau yang melanggar prokes, pihaknya tetap memberikan edukasi dan dengan cara persuasif.

"Pendekatan kepada masyarakat dalam tracer sangat perlu. Memberikan imbauan agar jangan sampai melanggar prokes. Bagi warga yang merasakan gejala, diminta agar segera memerisakan diri atau paling tidak langsung karantina mandiri," pungkas Serma Santoso.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kemenkes bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk memastikan kegiatan tracer ini dilakukan sampai ke level paling kecil, paling rendah di seluruh desa dan kabupaten/kota, di seluruh RT dan RW.

“Peperangan (melawan COVID-19) ini dibutuhkan jaringan level terbawah, itu sebabnya kami bekerjasama dengan TNI dan Polri karena TNI dan Polri lah yang mempunyai jaringan intelijen, jaringan penghubung sampai ke level-level terkecil di bawah bekerjasama dengan masyarakat,” katanya pada Konferensi Pers usai Apel Gelar Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer COVID-19 di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (9/2).



Baca juga:

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+