Notification

×

Iklan

Iklan

Terkait Hubungan Diplomatik RI Dengan Israel, Ini Kata Menlu

Rabu, 06 Januari 2021 | 15:55 WIB Last Updated 2021-01-06T08:55:42Z
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Kabar Center - Jakarta

Kabar yang beredar terkait normalisasi hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel mendapat tanggapan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Dia menegaskan Indonesia tidak berniat membuka hubungan dengan Israel.

Hal itu dikatakannya, dalam Pidato Pers Tahunan Menlu RI secara virtual pada Rabu (6/1). Pidato virtual tersebut disaksikan oleh seluruh perwakilan RI di luar negeri, perwakilan negara asing di Jakarta, dan pejabat tinggi lainnya.

"Di akhir 2020 banyak berita beredar luas seolah Indonesia ingin melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel. Saya mau menekankan, sampai saat ini, Indonesia tidak memiliki niatan membuka hubungan diplomatik dengan Israel," kata Retno.

Disebutkan, Indonesia akan terus mendukung kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara dan parameter lainnya yang disetujui secara internasional.

Retno mengungkapkan, komunikasi telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada 16 Desember lalu, Presiden Joko Widodo menekankan hal serupa.

Baru-baru ini, wacana menjalin hubungan Israel-Indonesia kembali mencuat setelah Tel Aviv meraih kesepakatan normalisasi relasi dengan empat negara dalam tiga bulan terakhir.

Dalam pidato tahunan hari ini, Retno juga mengangkat upaya Indonesia membantu perundingan damai di Afghanistan, salah satunya dengan menghadiri perjanjian antara Amerika Serikat dengan kelompok Taliban di Doha pada Februari 2020.

Retno menambahkan, Indonesia turut menghadiri Proses Damai Afghanistan pada 12 September 2020.

"Saya juga bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani di Kabul pada 1 Maret 2020 dan meresmikan Jaringan Solidaritas Perempuan Indonesia-Afghanistan," ujarnya. (Cnn/kc4)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini