Notification

×

Iklan

Iklan

Kelebihan Vaksin Covid-19, 4 Perawat Ini Justru Terkena Gejala Flu

Selasa, 29 Desember 2020 | 13:47 WIB Last Updated 2020-12-29T06:47:37Z
Ilustrasi overdosis

Kabar Center - Medan

Empat perawat dari Delapan Perawat panti jompo di Kota Stralsund, utara Jerman mengalami overdosis atau terkena efek samping usai mendapat suntikan vaksin corona Pfizer/BioNTech.

Seperti dilaporkan DW, delapan perawat berusia antara 38-54 tahun itu mendapat suntikan vaksin secara tidak sengaja. Tujuh diantaranya perawat wanita dan seorang perawat laki-laki menerima lima suntikan vaksin dari yang seharusnya hanya sekali.

Pihak berwenang distrik Vorpommern-Rügen mengatakan empat dari delapan perawat itu langsung dibawa ke rumah sakit untuk diobservasi setelah mengalami efek samping gejala seperti flu.

"Saya sangat menyesali insiden seperti ini bisa terjadi. Kasus individual ini terjadi karena kesalahan manusia. Saya berharap seluruh perawat tersebut tidak mengalami efek samping serius," ujar ketua distrik Vorpommern-Rügen, Selasa (29/12).

Pihak berwenang Vorpommern-Rügen menekankan bahwa dosis berlebih juga pernah digunakan saat fase pertama vaksinasi berlangsung. Hal itu, kata mereka, tidak menimbulkan konsekuensi serius.

Jerman dan sejumlah negara di Eropa memulai proses vaksinasi massal sejak akhir pekan lalu.

Vaksinasi di Jerman dilakukan ketika negara di Eropa barat itu tengah menghadapi lonjakan kasus baru dan kematian akibat virus corona.

Seperti yang terjadi pada negara di dunia, negara Eropa tengah mewaspadai kemunculan mutasi virus corona baru di Inggris yang dinilai 70 persen lebih cepat menular. 

Namun, para ahli belum menemukan apakah mutasi virus ini lebih mematikan atau tidak. (Cnn/kc6)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini