Dugaan Korupsi Pengadaan Citra Satelit, 2 Mantan BIG Dipanggil KPK

G.M
Kamis, 10 Desember 2020, 11:30 WIB Last Updated 2020-12-10T04:53:54Z
Gedung KPK

Kabar Center - Jakarta

Pihak KPK memanggil dua mantan pejabat Badan Informasi Geospasial (BIG). Keduanya dipanggil sebagai saksi terkait dugaan korupsi pengadaan citra satelit resolusi tinggi (CSRT).

"Hari ini (10/12) pemeriksaan saksi terkait dugaan TPK Pengadaan citra satelit resolusi tinggi (CSRT) pada badan informasi geospasial (BIG) bekerjasama dengan LAPAN tahun 2015," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Kamis (10/12/2020).

Pertama adalah Deputi IGD BIG tahun 2014-2019 Dody Sukmayadi. Dan yang kedua yakni Sesama BIG tahun 2014-2019 Titiek Suparwati.

KPK saat ini tengah mengusut dugaan tindak pidana korupsi di Badan Informasi Geospasial (BIG). Dugaan korupsi di BIG terkait pengadaan citra satelit resolusi tinggi.

"KPK saat ini sedang melakukan penyidikan dalam perkara dugaan TPK Pengadaan Citra Satelit Resolusi Tinggi (CSRT) pada Badan Informasi Geospasial (BIG)," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Selasa (8/12).

Dalam pengadaan CSRT ini lanjut Ali, BIG bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Menurutnya, kerja sama pengadaan telah dilakukan pada 2015.

Namun Ali belum bisa memberikan informasi lebih jauh terkait dugaan korupsi di BIG. Dia mengatakan KPK masih melakukan serangkaian penyidikan untuk mengumpulkan bukti-bukti.

"Saat ini kami belum bisa memberikan informasi detail terkait proses penyidikan perkara tersebut karena masih dilakukan serangkaian kegiatan penyidikan," ujarnya.

"Terkait pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka belum bisa kami sampaikan saat ini dan nanti kami akan informasikan lebih lanjut setiap perkembangannya," pungkas Ali. (dtc/kc6)
Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+