Konferensi Pers WHO: Mari Belajar Menangani COVID-19 Dari 3 Negara, Termasuk Indonesia

JM
Jumat, 06 November 2020, 20:44 WIB Last Updated 2020-11-06T13:44:45Z
Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto | net

Kabar Center - Jakarta

Organisasi Kesehatan Dunia WHO melakukan Konferensi pers secara virtual. Konferensi pers itu diikuti bos WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto didaulat sebagai pembicara.

Dalam paparannya, Menkes Terawan menyampaikan kerja sama multisektor dalam penanganan COVID-19. Dikatakan, ada 9 pilar utama dalam pelaksanaan IAR (Intra Action Review) nasional di Indonesia.

"Satu, komando koordinasi, dua, komunikasi risiko dan pemberdayaan komite, ketiga, surveilans atau pengawasan, keempat, pintu masuk internasional, kelima, laboratorium, keenam, pengendalian infeksi, ketujuh, manajemen, kedelapan, dukungan operasional dan logistik, kesembilan, pemeliharaan layanan kesehatan," papar Menkes Terawan, Jumat (6/11/2020).

Kemudian, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sambutannya menyarankan seluruh negara untuk belajar dari pengalaman menangani COVID-19 di tiga negara, termasuk Indonesia.

"Saya mendorong semua negara untuk belajar dari Thailand, Afrika Selatan dan Indonesia untuk bekerja menekan virus ini hari ini. Kita bisa menyelamatkan nyawa dan mengakhiri pandemi ini bersama-sama," ajak Tedros. (dtc/kc6)

Baca juga:
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS