Ribuan Ikan dan Lobster di Situ Pemda Cibinong Mati dan Mengambang

G.M
Sabtu, 10 Oktober 2020, 08:47 WIB Last Updated 2020-10-10T02:08:04Z
Ikan dan lobster di Situ Pemda Cibinong mati mengambang. ©2020 Merdeka.com/rasyid ali

Kabar Center - Bogor
 
Ribuan ikan kecil, udang hingga lobster air tawar di Situ Pemda Cibinong, Kabupaten Bogor, mati mengambang di permukaan air. Diduga ada orang yang memberi racun di situ tersebut.

Situ yang terdapat di belakang Kantor DPRD Kabupaten Bogor ini memang sering dijadikan lokasi memancing, meski terdapat papan larangan untuk memancing di area ini. Namun, belakangan ikan di lokasi ini jarang ditemui.

Pada Jumat (9/10) terlihat banyak udang dan lobster membusuk di permukaan air situ. Salah satu petugas kebersihan DPRD Kabupaten Bogor, Amsanih (37) menduga ada yang memberi racun ke dalam air.

"Kayaknya mah diracun ini. Soalnya sebelumnya enggak pernah kayak gini. Kan lobster di bawah (dasar situ). Ini pada ngambang," kata Sanih mengutip merdeka.com.

Sanih menyayangkan jika benar-benar ada orang memberi racun di situ ini. Pasalnya, jika hanya ingin mendapatkan lobster cukup dengan memasang perangkap tenggelam disertai umpan.

"Enggak tahu siapa yang menaruh racun. Soalnya, di pinggir-pinggir situ emang banyak orang yang mancing yang di luar dari kantor dewan," ujarnya.

Sekretaris DLH Kabupaten Bogor, Anwar Anggana mengatakan, pihaknya akan melakukan uji kandungan air di Situ Pemda pada Senin (12/10). Dia pun menduga ada racun yang menyebabkan binatang mati massal.

"Sepertinya ada memberi racun. Tapi, untuk memastikan, kita akan uji sampling Senin depan, lalu mencari pelaku pemberi racun. Kita juga akan libatkan aparat hukum," tegas Anwar, Jumat (9/10). (Mdk/kc6)

Baca juga:
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS