Komisi III DPRD Samosir Konsultasi ke Dishub Propsu

Kabar Center
Kamis, 08 Oktober 2020, 13:19 WIB Last Updated 2020-10-08T07:42:57Z
Komisi III DPRD Samosir konsultasi ke Dishub Provsu

Kabar Center - Medan

Peningkatan fasilitas pelabuhan di Kabupaten Samosir harus menjadi prioritas Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara guna menyahuti program sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi III DPRD Samosir, Pantas Marroha Sinaga saat dihubungi wartawan, disela-sela dirinya bersama legislatif lainnya, berkonsultasi ke Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara, Selasa, 6 Oktober 2020.

Konsultasi Komisi III DPRD Samosir yang mengikutsertakan Plt Kadishub, Sardo Sirumapea SPd MM ini disambut Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Abdul Haris Lubis melalui Sekretaris Dishub Rohani Litiloli dan sejumlah staf.

"Kita konsultasi ke Dishub Propsu guna mendapatkan masukkan dan info program-program di tahun 2020 dan 2021 untuk Kabupaten Samosir sesuai lingkup kewenangan mereka," ujar Pantas Marroha Sinaga.

Kepada Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara, Komisi III meminta perhatian untuk memperbaiki sejumlah pelabuhan di Kabupaten Samosir. Salah satunya Pelabuhan penyeberangan di Sihotang-Pintu Batu.

Seperti diketahui, jelas Pantas, pelabuhan ini salah satu fasilitas penggerak perekonomian warga di Kenegerian Sihotang sekitarnya. Sehingga menjadi fasilitas vital bagi warga.

"Kondisi pelabuhan itu saat ini sudah rusak termakan usia. Namun hingga sekarang belum ada perhatian instansi terkait," kata Politisi Nasdem itu.

Selain itu, Komisi III DPRD Samosir juga meminta Dishub Propsu senantiasa mengawasi kelayakan, kapasitas muatan dan kelengkapan sarana transportasi di Danau Toba utamanya kapal motor kayu. Dan sejumlah aspirasi lainnya.

DPRD Samosir optimis, ke depan pariwisata KSPN Danau Toba akan terus meningkat, sejalan dengan upaya Pemerintah melanjutkan pembangunan infrastruktur pelabuhan, jalan dan jembatan yang menghubungkan orang dan barang antar wilayah.

Ditambahkan Plt Kadishub Samosir, Sardo Sirumapea, Dinas Perhubungan Provsu dan Dinas Perhubungan Samosir tentunya selalu berkoordinasi terkait dari seluruh program kegiatan yang menunjang kelangsungan transportasi danau dan darat di Danau Toba.

Menurutnya, Dishub Samosir berupaya mendorong seluruh kegiatan penyeberangan danau untuk berjalan dengan aman dan tertib. "Keselamatan menjadi tujuan utama dari seluruh program kita," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dishub Propsu menyahuti positif permintaan Komisi III DPRD Samosir tersebut. Rohani mengatakan akan menindaklanjuti sehingga ditahun-tahun mendatang bisa dianggarkan. (Kc6)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS