Notification

×

Iklan

Iklan

Gejala Terinfeksi Covid-19 Untuk Kedua Kali Bagi Pria Ini Ternyata Lebih Parah

Rabu, 14 Oktober 2020 | 09:45 WIB Last Updated 2023-12-06T02:44:43Z
Ilustrasi

Kabar Center - Nevada

Seorang pria di Amerika Serikat telah tertular COVID-19 sebanyak dua kali. Gejala-gejala yang dialaminya pada kejadian kali kedua berkembang menjadi lebih membahayakan daripada yang pertama menurut laporan dari dokter.

Pria berusia 25 tahun itu membutuhkan perawatan di rumah sakit setelah ia mengalami kekurangan oksigen akibat fungsi paru-paru yang terganggu. Meski demikian Infeksi ulang jarang terjadi dan pria itu sekarang telah pulih.

Namun studi yang diterbitkan di Lancet Infectious Diseases, menimbulkan pertanyaan tentang tingkat kekebalan tubuh terhadap virus.

Pria dari Nevada itu tidak memiliki masalah kesehatan maupun kekurangan pada kekebalan yang membuatnya sangat rentan terhadap COVID.

Apa yang terjadi dan kapan?

25 Maret - Gejala gelombang pertama, termasuk sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, mual dan diare.

18 April - Dia dites positif untuk pertama kalinya.

27 April - Gejala awal sembuh total

9 dan 26 Mei - Hasil tesnya negatif dua kali

28 Mei - Dia mengalami gejala lagi, kali ini termasuk demam, sakit kepala, pusing, batuk, mual dan diare.

5 Juni - Tes positif untuk kedua kalinya, dan hipoksia (oksigen darah rendah) dengan sesak napas.

Para ilmuwan mengatakan pasien itu terjangkiti virus Corona dua kali, dan bukan infeksi awal menjadi tidak aktif dan kemudian berkembang kembali.

Perbandingan kode genetik virus yang diambil selama setiap serangan gejala menunjukkan bahwa kode itu terlalu berbeda untuk disebabkan oleh infeksi yang sama.

"Penemuan kami menandakan bahwa infeksi sebelumnya belum tentu melindungi dari infeksi di masa depan," ujar Dr Mark Pandori, dari University of Nevada.

"Kemungkinan infeksi ulang dapat memiliki implikasi signifikan bagi pemahaman kita tentang kekebalan terhadap COVID-19."

Dia mengatakan bahkan orang yang telah pulih harus terus mengikuti pedoman seputar jarak sosial, masker wajah, dan cuci tangan.

Para ilmuwan masih bergulat dengan masalah pelik antara virus Corona dan kekebalan.

Apakah setiap orang menjadi kebal? Bahkan orang dengan gejala yang sangat ringan? Berapa lama perlindungan bertahan?

Ini adalah pertanyaan penting untuk memahami bagaimana virus akan mempengaruhi kita dalam jangka panjang dan mungkin berimplikasi pada vaksin dan gagasan seperti kekebalan kawanan.

Sejauh ini, infeksi ulang tampaknya jarang terjadi - hanya ada beberapa contoh dari lebih dari 37 juta kasus yang dikonfirmasi.

Laporan di Hong Kong, Belgia dan Belanda mengatakan mereka tidak lebih serius dari yang pertama. Satu kasus di Ekuador mencerminkan kasus AS yang lebih parah, tetapi tidak memerlukan perawatan rumah sakit.

Namun, saat ini masih merupakan periode awal masa awal pandemi, dan menurut catatan kasus-kasus sebelumnya terkait virus Corona menunjukkan bahwa perlindungan diperkirakan akan berkurang.

Saat negara-negara mengalami gelombang kedua virus, kita mungkin mulai mendapatkan jawaban yang lebih jelas.

Sebelumnya ada asumsi bahwa gelombang kedua infeksi COVID-19 akan lebih ringan, karena tubuh telah belajar melawan virus untuk pertama kalinya.

Masih belum jelas mengapa pasien dari Nevada itu menjadi sakit parah untuk kedua kalinya. Satu gagasan adalah kemungkinan dia mulai mungkin telah terpapar pada dosis virus yang lebih besar.

Masih menjadi suatu kemungkinan kekebalan awal memperburuk infeksi kedua. Hal ini telah didokumentasikan dengan penyakit seperti demam berdarah, di mana antibodi yang dibuat sebagai respons terhadap satu jenis virus dengue menyebabkan masalah jika terinfeksi oleh jenis lain.

Paul Hunter, dari Universitas East Anglia, mengatakan penelitian itu "sangat memprihatinkan" karena celah waktu yang kecil antara kedua infeksi tersebut, serta tingkat keparahan infeksi kedua.

"Mengingat fakta bahwa hingga saat ini lebih dari 37 juta orang telah terinfeksi, kami berharap akan mendengar lebih banyak insiden jika infeksi ulang yang sangat dini dengan penyakit parah biasa terjadi."

"Masih terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti apa implikasi dari temuan ini untuk program imunisasi apa pun. Tetapi temuan ini memperkuat poin bahwa kami masih belum cukup tahu tentang tanggapan kekebalan terhadap infeksi ini." (dtc/kc4)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini