-->

KMP Porapora Resmi Beroperasi, Ini Harapan Bupati Samosir

Kabar Center
Kamis, 16 Juli 2020, 19:06 WIB Last Updated 2020-07-16T12:06:17Z

Kabar Center - Balige

Kapal Motor Penumpang (KMP) Porapora dengan rute Balige Kabupaten Toba - Onan Runggu Kabupaten Samosir resmi beroperasi mulai hari ini, Kamis (16/07).

Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Direktur Transportasi ASDP Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Pandu Yunianto, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dan Bupati Toba Drs. Darwin Siagian.

Acara peluncuran pelayaran perdana digelar di Pelabuhan Balige, Kabupaten Toba, dihadiri oleh Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumatera Utara, Putu Sumarjaya, Kadis Perhubungan Provsu Drs. Harris Lubis,  GM ASDP Cabang Sibolga Umar Imran Batubara, Pimpinan Jasa Raharja, Pimpinan DPRD Toba, Kadis Perhubungan Samosir, Kadis Perhubungan Toba, Unsur Forkopimda Kabupaten Toba, Pimpinan OPD Kabupaten Toba dan Kabupaten Samosir serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Pengoperasian KMP Porapora dilaksanakan oleh PT ASDP Indonesia Ferry dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor 11 Tahun 2020, tentang Pedoman Petunjuk Teknis Penggunaaan Transportasi Darat Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Untuk Mencegah penularan Covid-19.

Pelayaran untuk sementara waktu rencananya akan dilakukan 3 kali dalam seminggu dan satu trip per hari pulang pergi.

Pandu Yunianto mengatakan, berbagai fasilitas menghubungkan wilayah-wilayah di Kawasan Danau Toba melalui pengadaan kapal motor adalah atas instruksi Presiden demi kemajuan perekonomian masyarakat sekitar.

"Tidak ada tujuan yang lain selain dari pemerintah berusaha menghidupkan suasana pariwisata dan ekonomi masyarakat supaya lebih meningkat di kawasan Danau Toba, maka aset ini harus kita jaga dan pelihara bersama," katanya.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon,  MM dalam sambutannya menyarankan agar KMP Porapora bisa dioperasikan setiap hari, karena ada akses pendistribusian bahan makanan dan bangunan dari dua kabupaten, sekaligus memicu geliat pariwisata dan dikoneksikan dengan Bandara Silangit. 

Unesco telah menetapkan bahwa kawasan Geopark Kaldera Toba menjadi UNESCO Global Geopark,  maka momen ini harus kita sambut baik.

Oleh karenanya Rapidin berharap sinergitas dan kebersamaan antara Kepala Daerah Se-Kawasan Danau Toba tetap terjaga dan semakin ditingkatkan. 

"Kebersamaan dan saling bergandengan tangan para stakeholder merupakan kunci utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kawasan Danau Toba," katanya. (Rel)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS