-->

Hanya Dalam Sehari, Brasil Catat 1.290 Kematian Akibat Corona

Kabar Center
Sabtu, 04 Juli 2020, 10:06 WIB Last Updated 2020-07-04T03:06:03Z
Ilustrasi

Kabar Center - Brasil

Kementerian Kesehatan Brasil dalam laporannya mengumumkan tercatat 1.290 kematian terjadi dalam satu hari akibat Corona. Saat ini korban yang meninggal dunia akibat covid-19 telah mencapai 63.174 orang.

Otoritas kesehatan Brasil juga melaporkan terjadi peningkatan kasus bahkan tercatat 42 ribu kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Sehingga total sudah lebih dari 1,5 juta kasus virus Corona yang kini terkonfirmasi di Brasil.

Melansir CNN, Sabtu (4/7/2020), Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan 42.223 kasus Corona dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian, total 1.539.081 kasus Corona kini tercatat di wilayah Brasil.

Hal itu membuat Brasil sebagai negara tertinggi kedua di dunia terkena kasus corona setelah Amerika Serikat (AS) yang mencatat lebih dari 2,7 juta kasus Corona.

Disaat terjadi kenaikan kasus tersebut, ternyata bar-bar di Rio de Janeiro diperbolehkan buka kembali pekan ini.

Televisi lokal Brasil memperlihatkan terjadinya kerumunan orang memenuhi bagian depan bar dan restoran di kota tersebut. Kerumunan orang bahkan sampai meluas ke jalanan dan memicu kemacetan.

"Kebanyakan orang di jalanan tidak menghormati aturan social distancing dan kewajiban memakai masker," kata salah satu pemilik bar di kawasan menengah atas di Leblon, Rio de Janeiro, Flavio Sarahyba.

Meski demikian, Sarahyba memastikan bahwa jika bar yang dikelolanya mematuhi seluruh langkah keselamatan yang diperlukan, termasuk menempatkan meja sesuai batasan jaga jarak fisik, mewajibkan pemakaian masker oleh konsumen dan staf, juga menyediakan hand sanitizer. Sarahyba bahkan memasang pagar di luar bar miliknya dan tidak lagi melayani pelanggan di luar untuk menghindari terbentuknya kerumunan.

Sementara itu, foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan sekelompok orang membuang masker. Sejumlah video yang beredar juga menunjukkan kerumunan orang di bar-bar lainnya di Rio de Janeiro, dengan orang-orang merayakan apa yang mereka sebut sebagai 'kehidupan normal telah kembali' dan 'mengirimkan masker dan virus Corona ke neraka'.

Pelonggaran pembatasan di Rio de Janeiro -- yang mengizinkan bar dan restoran buka kembali dengan kapasitas 50 persen dari normal asalkan meja-meja ditempatkan dengan jarak minimum 2 meter mulai diberlakukan pada Kamis (2/7).

Namun dengan banyaknya kerumunan orang hingga ke jalanan, otoritas Rio de Janeiro memutuskan kembali menutup paksa sejumlah bar di kawasan Leblon.

Pada Jumat (3/7) waktu setempat, otoritas Rio de Janeiro menegaskan pihaknya akan meningkatkan inspeksi di area-area yang menjadi lokasi bar dan restoran yang biasanya ramai. Otoritas setempag menegaskam akan menghukum siapa saja yang tidak mematuhi aturan. (Kc6)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS