Diduga Keracunan, Ribuan Ikan Mati Mendadak di Sungai Petanang

Kabar Center
Selasa, 28 Juli 2020, 16:12 WIB Last Updated 2020-07-28T09:12:47Z
Ilustrasi ikan mati mendadak | net

Kabar Center - Musi Banyuasin

Diduga karena keracunan, ribuan ikan mati mendadak mati di aliran Sungai Petanang, Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kematian ikan tersebut menimbulkan aroma busuk yang menyengat di lokasi. Peristiwa itu diketahui warga, sejak Jumat 24 Juli 2020.

Sampai saat ini masih terus ditemukan ikan yang membusuk di aliran sungai tersebut. "Sejak Jumat lalu kami temukan banyak ikan yang mati," kata Samsurizal, pemilik budidaya ikan di Sungai Petanang mengutip sindonews.

Selama ini dia memang membudidayakan ikan dengan memanfaatkan aliran sungai tersebut. Akibat kematian secara mendadak dengan jumlah mencapai ribuan ekor ini, dia mengaku mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

"Kami menduga ada yang sengaja meracun dengan putas," katanya.

Baca juga: Selidiki Kematian ABG Saat Latihan Silat, Pelaku Diduga Pelatih

Lurah Soak Baru, Bastari mengakui sungai tercemar dan menimbulkan bau busuk. "Selain aroma busuk bangkai ikan, airnya juga sangat kotor dan tidak layak dikonsumsi," ujarnya.

Dia telah melakukan pengecekan secara langsung ke lapangan bersama petugas dari Dinas Perikanan Kabupaten Musi Banyuasin. "Dari hasil pengecekan sementara, ditemukan ikan mati yang ciri-cirinya akibat keracunan," pungkasnya. (Sd/kc4)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS