Bantu Warga Terdampak COVID-19, Rumah Zakat Bagikan 1 Juta Sembako

Kabar Center
Kamis, 16 April 2020, 16:12 WIB Last Updated 2020-04-16T09:12:46Z
Istimewa

Kabar Center - Bandung

Rumah Zakat akan membagikan 1 juta sembako kepada warga terdampak COVID-19 pada Bulan Ramadan yang ada di Indonesia dari Aceh sampai Papua.

"Target tahun ini 2,5 juta penerima manfaat. 24 persennya keluar bulan ini dan di bulan ramadan bisa keluar 1 juta penerima manfaat dari Aceh sampai Papua khususnya terdampak COVID-19," ujar CEO Rumah Zakat Nur Efendi dalam Konferensi Pers melalui Aplikasi Zoom, Kamis (16/4/2020).

Nur Efendi mengungkapkan dalam penanganan COVID-19, Rumah Zakat menggulirkan program jangka pendek dan jangka panjang. Program jangka pendek terbagi dalam tiga fase, yakni inkubasi, kurasi, dan resesi. Dalam ketiga fase tersebut Rumah Zakat menghimpun dana kemanusiaan untuk disalurkan pada program edukasi, aksi pencegahan penyebaran wabah, bantuan kesehatan, hingga bantuan pangan.

"Sementara program jangka panjang yang digulirkan oleh Rumah Zakat antara lain ketahanan pangan, padat karya produktif, hingga pemberdayaan ekonomi tani dan UMKM. Program pemberdayaan tersebut dilaksanakan melalui optimalisasi dana zakat, infak, sedekah, wakaf, dan juga fidyah," ungkapnya.

Rumah zakat juga menyalurkan alat pelindung diri (APD) kepada rumah sakit rujukan COVID-19. Selain itu, melakukan penyemprotan disinfektan di pemukiman warga.

Pihaknya menyadari, bahwa efek dari bencana nasional COVID-19-19 ini tak hanya berpengaruh pada kesehatan tapi juga perekonomian masyarakat karena angka kemiskinan yang diperkirakan meningkat.

"Namun kami optimis bahwa kita bersama dapat membantu pemerintah dalam mengatasi krisis ini melalui pemanfaatan dana ZISWaf untuk program-program produktif," ujar CEO Rumah Zakat Nur Efendi.

Menurutnya, akibat dampak pandemi COVID-19 ini terjadi krisis ekonomi. Bahkan menurut IMF dampak ekonomi akibat COVID-19 lebih buruk daripada krisis ekonomi Tahun 2008.

"Ada lebih dari 1 juta orang terdampak PHK, maka munculah angka pengangguran yang sangat tinggi dan membuat kemiskinan," sebutnya.

Pada Bulan Ramadan, Rumah Zakat memiliki enam program istimewa yakni Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, Bingkisan Lebaran Keluarga, Syiar Qur'an, Janda Berdaya, dan Ramadan Bebas Utang. Penyaluran keenam program tersebut akan diprioritaskan kepada masyarakat Indonesia terdampak COVID-19.

"Nanti dalam pelaksanaan program Kebahagiaan Ramadhan ini, kami akan melibatkan warung kecil sebagai penyedia Sembako, dan juga menyewa armada baik online maupun konvensional yang sepi penumpang untuk mengantarkan paket bantuan kepada penerima manfaat. Jadi selain membantu mereka yang tak mampu, kita pun memberdayakan ekonomi masyarakat rentan, dengan tetap meminimalisir pergerakan warga," katanya. (detik.com)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS