Tim Surveilans Toba Rutin Pantau Para Pengunjung

G.M
Minggu, 29 Maret 2020, 06:10 WIB Last Updated 2020-03-28T23:10:17Z
Ketua BPBD Kabupaten Toba dan juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dr.Pontas Batubara duduk bersama para wartawan di Posko BPBD | JS

Kabar Center - Toba

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait antisipasi Covid-19 (Corona Virus Disease-19) di Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara hingga, Kamis (26/3/2020) berjumlah 23 ODP dan terhitung pada hari Jumat (27/3/2020) menjadi 27 ODP.

Sementara data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil. Untuk 27 ODP tersebut akan di isolasi mandiri di rumah masing-masing dan tetap dipantau tim satgas. Hal itu disampaikan Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba dr. Pontas Batubara kepada wartawan di Posko Balige, Jumat (27/3/2020).

Pontas didampingi Kasat Pol PP Toba J. Broztito Sianipar, menyebutkan pihaknya juga memperoleh data beberapa kunjungan dari luar Kabupaten Toba.

Di antaranya ada yang berprofesi sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Malaysia, pelajar dan mahasiswa yang datang dari Jakarta dan Banten yang diperkirakan hampir 250 orang.

Dan guna mengantisipasi berbagai hal terkait upaya pencegahan Covid-19, pihaknya tetap aktif mendata dan bekerja sama dengan pemerintah kecamatan, kelurahan, dan desa Se-Kabupaten Toba.

"Tim surveilans kita sampai ke daerah dan akan memantau mereka, yang pasti di antara mereka belum ada tanda-tanda batuk atau demam," kata Pontas.

Lebih lanjut Pontas juga memaparkan berbagai hal yang dilakukan oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yaitu, himbauan cuci tangan, social distancing dan stay at hom.

Kemudian, Tim surveilans aktif di tiap kecamatan, himbauan pembubaran keramaian di tempat-tempat umum atau pesta oleh aparat, pendataan aktif bagi masyarakat yang baru pulang dari luar negeri dan daerah yang diperkirakan jumlahnya akan meningkat setiap hari.

"Dengan surveilan aktif akan terpantau dan status mereka dari waktu ke waktu apakah ODP atau PDP setelah selesai masa pemantuan, atau pengunjung tersebut sudah kembali," imbuhya.

Terlihat Ketua TP.PKK Kabupaten Toba Ny. Brenda Ritawati Darwin Siagian mengunjungi Posko BPBD Kabupaten Toba dan secara perdana memasuki tenda steril sebagai syarat mutlak bagi setiap tamu yang berkunjung ke posko tersebut.

Dalam kunjungannya ke Posko BPBD Kabupaten Toba, Ny. Brenda memberikan sejumlah informasi dan memberikan dukungan ke personil tim satgas berupa makanan dan minuman jahe sebagai penghangat. (KC9/JS)
Baca juga:
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS