Notification

×

Iklan

Iklan

Pengamat: Anggaran Mudik Gratis Dapat Dialihkan ke Bantuan Sembako

Jumat, 27 Maret 2020 | 14:59 WIB Last Updated 2023-12-06T02:44:43Z
Mudik | ilustrasi

KABARCENTER.com - Jakarta

Anggaran untuk program mudik gratis dapat dialihkan bagi pemudik dalam bentuk voucher bantuan sembako Lebaran.

Demikian disampaikan Pengamat transportasi Djoko Setijowarno dalam keterangan tertulisnya sebagaimana dilansir antara, Jumat (27/03/2020).

Ia menambahkan, pembagian voucher diprioritaskan bagi masyarakat yang telah mengikuti dan mendaftar program mudik gratis tahun lalu.

"Data pemudik gratis itu masih ada dan bisa digunakan untuk pemberian bantuan itu. Pemerintah dapat bekerjasama dengan pengusaha minimarket, sehingga voucher tersebut mudah ditukarkan ke minimarket terdekat," ujar Djoko.

Djoko menyarabkan agar masyarakat pada saat Lebaran bisa melakukan panggilan lewat video (video call) dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman sebagai pengganti mudik yang tertunda pada tahun ini.

"Pemerintah dapat memberikan keringanan biaya penggunaan telpon seluler kepada mereka yang melakukan video call sebagai kompensasi tidak mudik pada tahun ini," katanya.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sendiri telah resmi menghapus program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020.

Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan status keadaan darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari – 29 Mei 2020 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menegaskan bahwa baik program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, hingga swasta akan ditiadakan.

Untuk Ditjen Perhubungan Darat, baik mudik gratis dengan bus dan kapal penyeberangan semuanya akan dihapuskan. (Ant/KC6)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini