Notification

×

Iklan

Iklan

Datang ke Indonesia, Kerajaan Belanda Komit Bantu Pariwisata

Jumat, 13 Maret 2020 | 11:59 WIB Last Updated 2020-03-13T04:59:04Z
Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti

Kabar Center - Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Kerajaan Belanda menyebutkan akan membantu pengembangan pariwisata di Indonesia.

"Saya tadi minta kepada Raja Willem untuk membantu kami, dengan mengirimkan beberapa praktisi pariwisatanya untuk melatih kita mengembangkan spot-spot pariwisata kita. Tidak perlu bantuan finansial, tetapi kami perlu ahli-ahli di bidang pariwisata untuk melatih para kaum muda disini mengembangkan sektor ini dalam hal kebersihan, mendidik mereka dalam melayani wisatawan, membuat sebuah tempat menjadi lebih menarik untuk wisatawan," ujar Luhut dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya Luhut setelah menerima kunjungan Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti dari Belanda di kampus Institut Teknologi Del di Lagu Boti, Sumatera Utara, Kamis (12/3).

Luhut yang didampingi sang istri Devi Pandjaitan, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengajak pasangan Kerajaan Belanda itu berkeliling kompleks Institut Teknologi Del.

"Dari pembicaraan tadi tercetus ide untuk membuka penerbangan langsung Amsterdam-Medan sehingga para wisatawan bisa melanjutkan perjalanannya kemana lagi," lanjutnya.

Menurutnya, hal itu akan berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia, secara khusus Sumut.

Dalam kunjungan itu, Raja dan Ratu Belanda juga berkesempatan bertatap muka dengan para praktisi pariwisata yang sedang mengadakan seminar. Ratu Maxima mengatakan pentingnya pengembangan kapasitas dalam industri pariwisata.

"Capacity building (proses mendapatkan, meningkatkan dan mempertahankan keterampilan, pengetahuan dan peralatan untuk meningkatkan kompetensi) sangat dibutuhkan jika Anda ingin memiliki bisnis pariwisata yang sustainable. Sebuah konsep yang selain memberi manfaat ekonomi juga memberi kontribusi pada kegiatan konservasi," ucap Ratu kepada seorang peserta seminar.

Dalam kunjungan seharinya di Samosir, pasangan kerajaan juga meninjau mengunjungi Eco Village Tourism di Silima Lombu Kecamatan Onanrunggu. (Ant/kc7)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini