-->

Para Penikmat Kopi, Ternyata Ini Untung Rugi Minum Kopi

JM
Minggu, 23 Februari 2020, 12:21 WIB Last Updated 2020-06-26T10:04:21Z
Minuman Kopi
Kabar Center - Samosir

Kopi adalah salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan banyak negara. Kopi merupakan minuman yang terbuat dari hasil seduhan biji kopi dan saat ini menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Menurut informasi, sebanyak 2,25 miliar cangkir diminum tiap hari di dunia.

Banyak orang yang menyukai kopi terkadang tidak mengerti apa keuntungan dan kerugian mengkonsumsi kopi. Kebanyakan peminum kopi memahaminya dari rasa yang diberikan kopi. "Pahit bercampur manis, nikmat dan terasa di lidah," kata Naibaho kepada kabarcenter.com, Minggu (23/02).

Perlu diketahui, ternyata kopi memiliki banyak manfaat, terutama dari sisi kesehatan.

Menurut beberapa penelitian, meminum kopi hingga 4 cangkir dalam sehari disebut sebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 15 persen.

Penelitian dari University of Southampton menyebutkan, selain mengurangi risiko penyakit jantung, kopi juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit seperti kanker, diabetes, penyakit hati (liver), dan demensia.

Meski demikian, dampak tersebut belum tentu berlaku bagi semua orang. Terkadang beberapa kasus menyebutkan, kopi yang terlalu banyak diminum justru dapat menyebabkan penyakit, apalagi jika dikonsumsi dalam kondisi perut kosong.

Kopi tidak disarankan bagi ibu hamil. Karena berisiko bagi kandungannya jika diminum terlalu banyak. Kafein di dalam kopi ternyata dapat meningkatkan tulang keropos.

Namun, ternyata mengkonsumsi kopi dalam batas wajar memiliki banyak manfaat, bahkan lebih besar dari kerugiannya.

Para ilmuwan menyebutkan, kopi mengandung berbagai senyawa di dalamnya yang menimbulkan terapeutik antioksidan, anti-inflamasi, antifibrotik, atau efek antikanker.

Akan tetapi, kopi pun dapat meningkatkan risiko leukimia, limfoma, dan kanker paru-paru.

Meminum kopi berlebihan tidak memberikan dampak yang baik. Justru hal itu akan membahayakan kesehatan. Badan Keamanan Pangan Eropa (EFSA) menyarankan untuk tidak meminum kopi lebih dari empat cangkir sehari.

Orang yang meminum kopi secara berlebihan justru akan mengalami kegelisahan, sulit tidur dan juga penyakit lainnya. (Kc4)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS