Komite Masyarakat Danau Toba Samosir Dilantik

Kabar Center
Minggu, 09 Februari 2020, 16:04 WIB Last Updated 2020-02-23T06:29:06Z
Kepala Staf Khusus MPR RI Jhonson Rajagukguk menerima ulos | ist 
Kabar Center - Samosir

Pengurus Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Kabupaten Samosir dilantik di Hotel JTS Parbaba Pangururan, Sabtu (8/2). Pelantikan itu juga dirangkai dengan kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon yang diwakili staf ahli Lemen Manurung dalam sambutannya mengapresiasi pembentukan  KMDT di Samosir. Bupati berharap dengan adanya KMDT maka, dapat membawa daerah Samosir kearah yang lebih baik.

"Begitu juga tentang Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD, NKRI, Bhineka tunggal Ika dapat kita maknai dengan sungguh sungguh di Indonesia. Dan sekaligus meningkatkan satu kesatuan dari keberagaman, dan KMDT semakin luas mengumandangkan Samosir sebagai daerah destinasi wisata yang akan menjadi tempat yang aman dan tentram," kata Bupati Samosir.

Kegiatan ini katanya, memiliki arti menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif serta mengimbau untuk menciptakan kebaikan di Samosir.

"Mari berusaha menyikapi dengan bijak tentang berita hoaks menjelang Pilkada serentak di Samosir. Mari kita memahami dengan baik tentang sosialisasi empat pilar ini agar kita dapat menerapkannya di tempat kita," ujar Bupati Samosir.

Dalam kesempatan itu, Kepala Staf Khusus MPR RI Jhonson Rajagukguk menyampaikan pesan dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan sekaligus menyampaikan pemaparannya tentang empat pilar MPR RI.

"Dengan adanya sosialisasi ini menjadi momen penting untuk peningkatan perkembangan pembangunan, dan multi dimensi. Tanpa kebersamaan di empat pilar ini, kita dapat digilas zaman yang berkembang kedepannya," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Dirinya juga yakin dengan adanya tatanan adat dalihan natolu dapat menjadikan daerah Samosir menjadi tempat yang bersahaja. "Saya menghimbau agar kita menjaga ideologi Negara oleh kita semua, karena NKRI adalah tempat kita berhimpun," tuturnya.

Perlu diketahui, 4 pilar MPR RI diantaranya, pertama, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Kedua Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, ketiga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan yang keempat Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Masih dalam acara yang sama, mewakil DPRD Samosir dr. Magdalena Nuraini Sitinjak meminta kerjasama semua pihak se kawasan Danau Toba untuk bersinergi dalam meningkatkan pembangunan dan pariwisata di kawasan tersebut.

"Mari kita tidak banyak bicara, tapi perbanyaklah konsep," kata Magdalena.

Pengurus DPC Komite Masyarakat Danau Toba Kabupaten Samosir dilantik oleh Ketua Umum DPP KMDT Edison Manurung, SH, MH.

Ketua DPC KMDT Kabupaten Samosir dipercayakan kepada mantan anggota DPRD Samosir Bolusson Pasaribu. Sementara, Drs Melani Butarbutar, didaulat sebagai Sekretarisnya.

Edison Manurung menyebutkan, Danau Toba ini sudah lama dilirik oleh para pimpinan pusat. "Saat ini Presiden Joko Widodo sangat mengapresiasi kawasan Danau Toba khususnya pada pengembangan pembangunan dan pariwisatanya. Ini bukti Danau Toba adalah sangat indah untuk dijadikan destinasi wisata dunia," kata Edison.

Edison berharap, KMDT ini menjadi wadah yang independen dan bertanggungjawab untuk membantu tugas para pimpinan sekawasan Danau Toba.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Samosir, Polres Samosir, DPRD Samosir, tokoh masyarakat dan para siswa SMA N. 2 Pangururan. (Rel)
Baca juga:
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS