Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas ESDM Sumut Apresiasi Diskusi Publik IWO Samosir

Senin, 24 Februari 2020 | 14:29 WIB Last Updated 2020-02-24T07:29:05Z

Kabar Center - Medan

Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Samosir akan menggelar acara diskusi publik dengan tajuk "Galian C di Samosir Bagaimana Proses Perizinannya", Selasa (25/02) di Cafe Om Regar.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dan apresiasi dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Utara.

Dukungan tersebut disampaikan langsung kepada Ketua IWO Fernando Sitanggang, SH didampingi Sekretaris Tumbur Habeahan dan Pandang Simbolon di ruang kerja Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara Jalan Setia Budi, Pasar 2 Nomor 84 Medan pada Jumat, 21 Februari 2020.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan teman-teman jurnalis yang tergabung dalam IWO Samosir yang melakukan kegiatan brainstorming setiap bulannya kepada warga melalui diskusi publik ini. Kami mendukung kegiatan ini dan siap hadir," kata Kepala Dinas ESDM Sumut melalui Sekretaris Dinas Yasir Nasution, S.Sos.,MM.

Yasir menambahkan, kedepannya pemerintah akan melakukan penertiban kepada perusahaan yang melakukan penambangan tanpa izin.

"Perijinan tambang itu dari mulai sampai akhirnya itu sudah bermasalah, karenanya berdasarkan instruksi Wakil Presiden kita diperintahkan untuk menertibkan 8800 pertambangan tanpa izin di seluruh Indonesia " sebut Nazir.

Pengurusan pertambangan diharuskan memenuhi beberapa izin diantaranya WIUP (Wilayah Izin Usaha Pertambangan), Izin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi Perseorangan serta Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Perseorangan.

"Karenanya kita menyambut baik diskusi publik ini guna lebih mensosialisasikannya kepada para pelaku usaha," jelasnya.

Sementara itu, Ketua IWO Samosir Fernando Sitanggang menyampaikan apresiasi atas kesediaan Dinas ESDM untuk hadir sebagai narasumber dan mendukung kegiatan tersebut.

Dikatakan, kegiatan Diskusi Publik ini adalah untuk yang kedua kalinya serta kedepannya menjadi program IWO Samosir sebagai salah satu bentuk pengabdian untuk ikut serta mencerdaskan masyarakat Samosir.

"Kegiatan ini murni untuk membuka kerangka berpikir warga Samosir sehingga dapat memahami setiap permasalahan yang sedang trending topik ditengah warga," ujarnya.

Beberapa narasumber yang akan diundang adalah Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sumatera Utara, Kadis Lingkungan Hidup Samosir serta Kadis Perizinan Samosir. (Rel)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini