Notification

×

Iklan

Iklan

Hari Pentakosta: Penggenapan 'Amanat Agung' Yesus Kristus Sebelum Naik ke Surga

Minggu, 19 Mei 2024 | 09:26 WIB Last Updated 2024-05-19T02:26:57Z
Ilustrasi | Pixabay

Kabar Center

Hari ini merupakan peringatan hari Raya Pentakosta. Atau hari dimana Roh Kudus berperan dalam kehidupan manusia setelah kenaikan Yesus Kristus ke Surga. Hari raya Pentakosta berlangsung pada hari Minggu ketujuh (hari ke-50) setelah Paskah. 

Sebelum meninggalkan murid-muridnya, Yesus berkata kepada mereka, “Sesungguhnya Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman” (Matius 28:20). 

Melalui turunnya Roh Kudus dalam bentuk angin kencang, yang memercikkan lidah-lidah api ke atas mereka, para murid menyadari bahwa Yesus benar-benar menyertai mereka, membaptis mereka dengan Roh Kudus dan memperkuat misi mereka.

Dalam Kisah Para Rasul pasal pertama, Yesus menyinggung tentang pengiriman Roh Kudus kepada murid-muridnya:

Saat bertemu dengan mereka, dia memerintahkan mereka untuk tidak meninggalkan Yerusalem, tetapi menunggu “janji Bapa yang telah kamu dengar aku bicarakan; sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.” (Kisah 1:4-5)

Yesus selanjutnya memberi tahu mereka dalam “Amanat Agung,” dalam kata-kata terakhirnya sebelum naik ke surga, “Kamu akan menjadi saksiku di Yerusalem, di seluruh Yudea dan Samaria, dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8)

Kisah Para Rasul pasal selanjutnya memuat penggenapan perkataan Yesus. Saat para murid berkumpul di ruang atas bersama yang lain (total kelompok berjumlah sekitar 120 orang), Roh Kudus turun ke atas mereka.

Mereka yang berkumpul melihat hal ini sebagai baptisan mereka “dengan Roh Kudus,” sebagaimana telah Yesus janjikan dan mengakui hal ini sebagai penugasan mereka untuk menjadi saksi Yesus “sampai ke ujung bumi.” Inilah sebabnya mengapa Pentakosta dikenal sebagai kelahiran Gereja.

Pentakosta dalam Perjanjian Lama

Perayaan Pentakosta dalam agama Kristen berakar pada adat istiadat Yahudi, karena terkait dengan hari raya Shavuot Yahudi.

Shavuot, juga dikenal sebagai Hari Raya Minggu Ini (dan terkadang disebut dengan cara lain) merayakan Musa menerima Taurat di Gunung Sinai. Dirayakan 50 hari (tujuh minggu) setelah Paskah, oleh karena itu dinamakan “Hari Raya Minggu Ini”.

Itu juga merayakan panen, seperti yang ada dalam Keluaran:

“Kamu harus merayakan hari raya Minggu dengan buah pertama dari panen gandum, demikian pula hari raya Pengumpulan pada akhir tahun.” (Keluaran 34:22)

Doa Pentakosta

Pentakosta adalah waktu yang penting untuk berdoa dan mendengarkan bagaimana Allah memanggil dan menugaskan kita, seperti yang Dia lakukan kepada para murid.

Dalam homili Pentakosta tahun 2021, Paus Fransiskus mengimbau umat untuk “membuka hati Anda terhadap Roh Kudus.”

Doa Roh Kudus sangat populer selama Pentakosta, sederhana namun penuh dengan kelemahlembutan, lantunan doa diiringi tangis penuh harap agar dipenuhi oleh Roh Kudus.

Semoga Allah Bapa, mengizinkan kita merasakan lawatan Roh Kudus, membasuh, membimbing, melindungi dan memberikan semangat baru dalam hidup.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini