Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Prodi Profesi Ners STIKesMu Lhokseumawe laksanakan Praktik Stase KDP

Selasa, 20 Februari 2024 | 12:19 WIB Last Updated 2024-02-20T05:19:55Z
Mahasiswa Program Profesi Ners STIKesMu Lhokseumawe Memulai Praktik Stase KDP di RSU Fauziah Bireuen, (19/2/2024). | Dok. Istimewa

Kabar Center

Sebanyak 55 mahasiswa dan mahasiswi Program Profesi Ners dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah (STIKesMu) Lhokseumawe telah memulai praktik stase Keperawatan Dasar Profesi (KDP) di Rumah Sakit Umum (RSU) Fauziah Bireuen. 

Kegiatan ini dimulai dengan serah terima yang dihadiri oleh Wakil Ketua I STIKesMu, Ns. Nanda Fitria, M.Kep, serta Kaprodi Profesi Ners, Ns. Novia Rizana, M.Kep.

Dalam wawancara eksklusif, Ns. Nanda Fitria, M.Kep, menyatakan bahwa stase KDP menjadi langkah awal yang sangat penting dalam pendidikan profesi Ners.

"Dengan praktik selama 3 minggu di RS Fauziah, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka dalam situasi nyata. Kami berharap pengalaman ini dapat memotivasi mereka untuk menjalani pendidikan profesi Ners dengan semangat yang tinggi," ujar Nanda, Senin (19/02).

Menyusul wawancara tersebut, Ns. Novia Rizana, M.Kep, Kaprodi Profesi Ners STIKesMu, menekankan pentingnya stase KDP sebagai momen krusial dalam pembentukan keterampilan keperawatan dasar mahasiswa.

"Melalui pengalaman ini, mahasiswa dapat mengasah kemampuan praktis mereka dan meningkatkan kompetensi keperawatan. Kami berupaya memberikan panduan yang solid agar mahasiswa dapat merespons dengan baik dalam lingkungan klinis," katanya.

Selain itu, Ns. Mirzal, S.Kep., MKM, selaku Wakil Direktur Administrasi Umum dan Keuangan RSU Fauziah, mengungkapkan kegembiraannya atas kerjasama ini.

"Kami bekerjasama dengan STIKesMu dalam memberikan kesempatan praktik kepada mahasiswa Ners. RS Fauziah berkomitmen untuk memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa, dan kami berharap kolaborasi ini dapat membantu mereka memahami dinamika pekerjaan keperawatan di rumah sakit," ungkap Ns. Mirzal.

Penanggung Jawab Diklat RS Fauziah, Ibu Ti Aminah, SKM., S.Kep, menambahkan dimensi etika dan profesionalisme dalam pelayanan kesehatan dalam pengalaman praktik di RS Fauziah.

"Pengalaman praktik di RS Fauziah tidak hanya tentang penerapan keterampilan klinis, tetapi juga memahami aspek-aspek etika dan keprofesionalan dalam pelayanan kesehatan. Kami berharap mahasiswa dapat merasakan manfaatnya dan membawa pengalaman berharga ini dalam perjalanan mereka sebagai calon perawat profesional," jelasnya.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa/i Prodi Profesi Ners STIKesMu Lhokseumawe dan sekaligus meningkatkan mutu pendidikan profesi Ners di sekolah tersebut. Mahasiswa/i diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama praktik stase KDP ini dalam pengembangan karier mereka sebagai perawat professional di masa depan. (Rivan)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini