Notification

×

Iklan

Iklan

Polsek Palipi Patroli Jalan Kaki di Pasar Onan Mogang dan Pelabuhan

Selasa, 23 Januari 2024 | 16:46 WIB Last Updated 2024-01-23T09:46:51Z
Patroli jalan kaki di Pasar Onan Mogang

Kabar Center

Polsek Palipi ikut aktif memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat saat melaksanakan patroli jalan kaki di Pasar Onan Mogang dan Pelabuhan Mogang Desa Pallombuan Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir. (23/01/2024).

Patroli itu dipimpin oleh Kanit Samapta Polsek Palipi Aipda AM Hutabarat dan bertujuan memantau dan memonitor kegiatan masyarakat yang beraktivitas di Pelabuhan dan di Pasar.

Saat berinteraksi dengan para pedagang dan pembeli di Pasar Onan Mogang, personel Polsek Palipi menyampaikan berbagai pesan keamanan.

"Agar masyarakat yang melakukan transaksi jual beli di Pasar Onan Mogang berhati-hati saat membawa barang berharga. Kami juga mengingatkan untuk memposisikan barang berharga di depan badan sebagai antisipasi tindak pidana pencurian atau copet. Kendaraan hendaknya diparkir dengan tertib untuk mencegah kemacetan dan kami mendorong penggunaan kunci ganda pada kendaraan sebagai langkah antisipasi tindak pidana pencurian," imbau Aipda AM Hutabarat.

Kepada para pedagang, personel Polsek Palipi mengimbau agar mengembalikan barang dagangan atau barang bawaan pembeli ketika para pembeli lupa membawa barang dagangannya.

Selain itu, masyarakat diharapkan untuk tidak membahas kegiatan politik di pasar, mengingat tempat tersebut adalah area umum yang mungkin dikunjungi oleh berbagai kalangan dengan pilihan politik yang berbeda.

Usai interaksi di Pasar Onan Mogang, kegiatan Patroli Jalan Kaki dilanjutkan ke Pelabuhan Mogang. Di sana, personel Polsek Palipi menyapa masyarakat yang baru turun dari kapal. Para penumpang diimbau untuk berhati-hati ketika turun dari kapal dan petugas Polsek juga membantu mengangkat barang bawaan penumpang.

"Tidak diperkenankan menumpuk barang bawaan di jalan pelabuhan karena berbahaya bagi pengguna jalan," tegas Brigadir Herman Siahaan yang turut serta dalam kegiatan ini.

Selain itu, dalam pemeriksaan kapal yang akan berlayar menuju Kecamatan Sitio-tio, personel Polsek Palipi memastikan kelengkapan Life Jacket. Penumpang kapal diingatkan untuk segera menggunakan Life Jacket setelah menaiki kapal dan apabila life jacket tidak mencukupi maka penumpang agar turun dari kapal, membatalkan penyeberangannya demi keselamatan.

Sementara AKP Parlindungan Sinaga, Kapolsek Palipi, menekankan bahwa kegiatan Patroli Jalan Kaki di Pasar dan Pelabuhan Mogang dilaksanakan setiap hari Selasa, tidak hanya sebagai upaya menjaga keamanan di pasar, tetapi juga untuk memastikan keselamatan penumpang kapal.

"Disaat ini, masa tahapan pemilu tahun 2024, kami juga mengimbau agar masyarakat tidak membahas politik di tempat terbuka. Hal ini dilakukan untuk mencegah ketersinggungan masyarakat lain yang dapat mendengar percakapan tersebut dan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas atau tindak pidana di tempat umum yang ditimbulkan karena beda pilihan di masa Tahapan Pemilu 2024," pungkas Parlindungan Sinaga.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini