Notification

×

Iklan

Iklan

Pimpin Rapat Perkembangan Konflik Israel-Palestina, Jokowi: Posisi Kita Sudah Jelas Tegas

Senin, 30 Oktober 2023 | 19:26 WIB Last Updated 2023-10-30T12:26:25Z
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. | Foto: setkab.go.id

Kabar Center

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengeluarkan pernyataan pers setelah memimpin rapat terbatas yang membahas perkembangan konflik Palestina-Israel. Dalam pernyataan tersebut, Presiden Jokowi mengecam keras serangan acak terhadap masyarakat sipil dan fasilitas sipil di Gaza.

"Posisi Indonesia sangat jelas dan tegas, mengutuk keras serangan acak terhadap masyarakat sipil dan fasilitas sipil di Gaza," kata Presiden Jokowi.

Ia juga menekankan perlunya menghentikan kekerasan serta upaya untuk mencapai genjatan senjata segera. Selain itu, Presiden menyoroti pentingnya akselerasi bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina yang terdampak konflik.

"Kekerasan harus dihentikan, genjatan senjata harus terus diupayakan, bantuan kemanusiaan harus terus didorong dipercepat diakselerasi," tambahnya.

Indonesia, sebagai negara yang konsisten mendukung perdamaian di Palestina-Israel, juga akan terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk mencari solusi bagi konflik ini.

Presiden Jokowi mengumumkan bahwa Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina, dengan kloter pertama dijadwalkan akan dikirimkan dalam minggu ini.

"Bantuan ini adalah gabungan dari pemerintah, dunia usaha, serta masyarakat. Kami akan memastikan bahwa bantuan ini akan mencapai mereka yang membutuhkannya," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengimbau seluruh pihak untuk bekerja sama dalam mendukung perdamaian di wilayah tersebut, serta berharap agar konflik ini segera berakhir demi keamanan dan kesejahteraan rakyat Palestina dan Israel. (Rv)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini