Notification

×

Iklan

Iklan

“Pak Mangihut Sinaga Mantan Wakajatisu?”, Warga Sipartogi Antusias Menanti Kehadirannya

Selasa, 25 Juli 2023 | 18:50 WIB Last Updated 2023-07-25T11:50:35Z

Kabar Center

Kantor Berita, Tongging, Karo: Menanti kehadiran Antonius Simanjorang, yang katanya lagi belanja stok barang untuk tokonya di Saribu Dolok, ‘memaksa’ Bernard Sihotang mampir disebuah warung kopi untuk menunggu kedatangannya. 

Baru saja kopi dipesan dari yang punya warung br. Simarmata, datanglah Jan Piter Simanjorang ke warung br. Marmata menyambangi Bernard Sihotang dan rombongan kecilnya. Kedatangan Jan Piter ke warung itu adalah atas ajakan Tumpal Simanjorang melalui kontak telepon dari Silalahi Nabolak, 30 menit sebelum kedatangan mereka di warung kopi menjelang siang itu.

“Manungkun jolo ampara, ai mantan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara itukah Bapak Mangihut Sinaga yang akan maju untuk Legislatif DPR RI ini,” ujar Jan Piter mengklarifikasi mengenai Bacaleg Mangihut Sinaga yang dimaksud. 

“Ido lae. Mantan Wakajatisu jala mantan Ketua Umum PPTSB Indonesia,’ ujar Benard Sihotang menjawab pertanyaan Jan Piter Simanjorang, sesaat setelah kartu nama yang diserahkan kepadanya dibaca dan diamatinya sekilas. 

“Bah, tung massai bagak jala uli ma molo amang I maju mewakili Dapil-3. Terlepas ma hami sesama Pomparan Toga Sinaga. Na jelas, latar belakang pengalaman ni amang I sebagai jaksa apalagi nga piga-piga hali maniop jabatan Wakajati dohot Kajati, pasti yakin ma hita tu kiprah beliau sebagai wakil rakyat,” ujar warga yang berasal dari Huta Hasinggaan ini, dan telah 5 generasi di Tongging.

Tidak lama setelah mengetahui maksud dan tujuan Bernard Sihotang dan rombongan kecilnya, dia lalu memberi jawaban kesediannya untuk membantu pensosialisasian Bacaleg Mangihut Sinaga untuk tujuan menuju Senayan itu. 

Dia lalu memberi gambaran gambaran mengenai daerah atau huta-huta mulai dari Silalahi Nabolak, Paropo, Kodon, Sibolangit, Soping, Bage dan Nagori Purba. 

“Daerah yang saya sebutkan itu adalah daerah-daerah yang biasa kita kunjungi, terutama dalam hubungan Dalihan Natolu,” ujar Jan Piter mengenai daerah yang masih terbuka peluang untuk program sosialisasi.

Pengetahuan Jan Piter mengenai daerah tersebut ditambah pula dengan pengalamannya ikut menjadi penyelenggara pemilu Tahun 2019. 

“Karena kebetulan saya tidak lagi menjadi penyelenggara, maka kalau diminta saya siap menjelajahi daerah daerah itu,” katanya memberi kesanggupannya untuk ikut membantu. 

“Saya tidak berani menjamin berapa suara yang akan didapat. Tetapi yang jelas adanya pertalian keluarga dengan daerah-daerah yang saya sebutkan tadi, pasti akan membantu," lanjutnya lagi.

Tidak lama kemudian, Antonius Simanjorang terlihat telah datang dengan minibus Panther. Terlihat di dalam mobilnya penuh dengan stok barang dagangan untuk toko sembakonya. 


Setelah sejenak bersendau-gurau, Antonius pun menyampaikan hasil pembicaraan sebelumnya dimana pada dasarnya warga mendukung kehadiran Mangihut Sinaga di Huta Kodon-kodon, dalam rangka keinginannya menuju Senayan. 

“Hanya itu bang! Namanya kedatangan pomparan haha-doli mengunjungi huta pomparan anggi-dolinya dalam keinginannya menjadi anggota legislatif, maka sesuai tradisi yang ada di huta pomparan anggi dolinya, maka abang itu harus menyampaikan keinginannya itu di tempat yang telah tersedia untuk itu,” kata Antonius Simanjorang, seraya menjelaskan tempat yang dimaksud dan tahapan prosesi yang akan dijalani. 

“Pertama, abang itu melakukan permohonannya . Setelah itu melakukan bersih diri di passur ni oppunta. Tidak memerlukan waktu yang lama. Paling sekitar satu jam lebih," lanjutnya menjelaskan.

Kebetulan, ritual itu telah pernah diikuti oleh Tumpal Simanjorang bersama Rombongan Napak Tilas Pomparan Jorang Raja bulan Maret tahun 2022 yang lalu. Dan secara secara kebetulan, pula acara Napak Tilas itu didukung oleh Mangihut Sinaga baik secara pribadi mau pun sebagai Ketua Umum PPTSB saat itu.

Pembicaraan dilanjutkan mengenai materi berikutya, yaitu teknis upaya pensosialisasian Mangihut Sinaga di Kawasan Sipartogi (Silalahi, Paropo, Kodon-kodon, Tongging dan Sibolangit) dan sekitarnya. Baik kelompok kecil Bernad Sihotang mau pun Jan Piter dan Antonius Simanjorang sepakat untuk membentuk organisasi pepenangannya. 

Terhadap organisasi pemenangan untuk Wilayah Sipartogi itu akan dibicarakan dan ditetapkan pada pertemuan yang disepakati diadakan tgl. 4 Agustus 2023. Sesuai kesepakatan pula, acara itu dilakukan dikediaman Antonius Simanjorang di Kodon-kodon dan dihadiri oleh skitar 30 s/d 50 orang perwakilan sekitar 10 huta.

“Mengenai tempat pertemuannya, kalau hanya sekitar 50 orang bisa dilakukan di rumah saya,” ujar Antonius Simanjorang, mantan Karyawan PT. Freeport Timiki, Papua ini dan diamini oleh Jan Piter Simanjorang mau pun Bernard Sihotang. 

Dari perkembangan lebih lanjut, sesuai laporan Jan Piter Simanjorang dari lapangan, Pomparan Toga Sinaga di Kawasan Sipartogi sangat antusias dengan keinginan pencalegan Mangihut Sinaga ini. Sampai jumpa tgl. 4 Agustus 2023! (PMS/Tim)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini