Notification

×

Iklan

Iklan

TNI-Polri dan PUTR Samosir Gotong Royong Bersihkan Material Longsor di Harian

Kamis, 04 Mei 2023 | 14:01 WIB Last Updated 2023-05-05T00:48:53Z
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman bersama personel turun langsung melakukan pembersihan material

Kabar Center

Polres Samosir bersama TNI dan Dinas PUPR Kabupaten Samosir gotong royong membersihkan material tanah longsor di Desa Hariarapohan Kecamatan Harian Samosir, Kamis (04/05).

Pembersihan material dipimpin langsung Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman.

Keterangan tertulis yang diterima Kabar Center, pembersihan material juga diikuti Pabung Kodim 0210/TU, Kapten G Sebayang, Camat Harian, Hartopo Manik, PJU Polres Samosir, staf Dinas PUTR Samosir, Personel Polres Samosir dan personel Koramil Harian.

"Bencana tanah longsor tersebut terjadi di dua titik di Desa Hariara Pohan Kecamatan Harian Samosir," ungkap Kapolres Samosir AKBP Yogie.

Keduanya kata dia diantaranya, Jembatan Lombang Sitolu-tolu Holbung Sihotang menuju objek wisata Bukit Holbung dan Pintu masuk menuju objek wisata Bukit Holbung.

Yogie melanjutkan, proses pembersihan material longsor dilakukan dengan menggunakan 1 (satu) unit alat berat Buldoser milik Dinas PUTR dibantu personel Polres Samosir dan personel Koramil Harian yang menggunakan alat seadanya seperti cangkul, garpu tanah dan angkong.

"Selain di dua titik longsoran tanah yang besar, personel juga membersihkan longsoran tanah kecil disepanjang jalan Desa Hariara Pohan," ujarnya.

Dikatakan, pembersihan material tanah longsor ini juga untuk melancarkan arus lalu lintas. 

"Kendaraan roda empat yang bermuatan berhati-hati melintas dan khusus kepada kendaraan roda enam dan lebih agar tidak melewati lokasi itu, karena jalan di lokasi masih bertanahkan labil. Kita khawatirkan terjadi longsoran kembali," imbau Yogie.

Sementara, menurut keterangan pengelola objek Wisata Bukit Holbung Apoi Sihotang, longsor terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi dan disertai waktu yang cukup lama.

"Tanah longsor menutupi badan jalan dan mengakibatkan akses jalan menuju objek wisata Bukit Holbung tidak dapat dilalui kendaraan," katanya.

Peristiwa tanah longsor itu tidak menimbulkan korban jiwa. (Kc5)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini