Notification

×

Iklan

Iklan

Efek El Nino Bakal Bikin Harga Sembako Naik, Bapanas Minta Masyarakat Bijak

Minggu, 28 Mei 2023 | 15:43 WIB Last Updated 2023-05-28T08:43:35Z
Dampak El Nino | Ilustrasi 

Kabar Center

Harga bahan pokok diperkirakan bakal meningkat akibat imbar dari efek El Nino. 

Untuk itu, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa meminta masyarakat bijak dalam mengkonsumsi makanan. 

"Karena kita kan terkadang tanpa sadari makan mungkin ngambilnya banyak tapi tidak habis, menurut saya ini harus diubah. Makanlah secukupnya karena kita sedang tidak baik-baik saja," kata Ketut, Minggu (27/5/2023)

Ketut mengungkapkan, cuaca ekstrem akibat El Nino dapat berdampak ke berbagai aspek, tidak hanya kepada bahan pokok.

"El Nino ini berdampak ke semua aspek, belum lagi kalo El Nino berkepanjangan potensi air berkurang, otomatis ke pertanian pun juga bisa berdampak," ujarnya.

Ketut menyebut, fenomena El Nino dapat mengganggu rantai distribusi yang berjalan. Jika seharusnya petani bisa memproduksi dalam jumlah yang banyak dan bisa terdistribusi ke berbagai daerah, saat ini akan terbatas. Maka tidak bisa dipungkiri jika di beberapa tempat sewaktu-waktu kekurangan barang pokok tertentu.

"Maka dari itu, penting kesadaran masyarakat untuk waspada," ucapnya.

Perlu diketahui, El Nino sering dikaitkan dengan peningkatan suhu permukaan laut dan penurunan curah hujan di beberapa wilayah. 

Dampak ari El Nino ini dapat menyebabkan kekeringan yang berkepanjangan, mengurangi ketersediaan air untuk pertanian. (Kc6/*)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini