Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Nias Ya'atulo Gulo Berharap Pers Hasilkan Berita Yang Mengedukasi

Minggu, 23 April 2023 | 18:32 WIB Last Updated 2023-04-23T11:32:53Z
Foto bersama usai audiensi| ist

Kabar Center

Bupati Nias, Provinsi Sumatera Utara, Ya'atulo Gulo, berharap insan pers, khususnya media-media online yang tergabung dalam Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), meningkatkan perannya untuk mengedukasi masyarakat.

Dengan demikian, informasi-informasi yang diproduksi menjadikan masyarakat semakin tercerahkan, sehingga semakin terlibat dan mendukung pelaksanaan program-program pembangunan.

Demikian disampaikan Bupati Nias, Ya'atulo Gulo ketika menerima audiensi Ketua SMSI Kepulauan Nias (pemegang mandat), Suarman Telaumbanua, bersama panitia pelantikan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Sabtu (22/04/2023) malam.

"Mengedukasi dengan tujuan merubah mindset atau pola pikir agar semakin produktif dan termotivasi untuk maju," imbuh Bupati Ya'atulo Gulo dalam arahannya.

Selain Ketua Suarman Telaumbanua dan Wakil Ketua Krispinus Zebua, panitia yang hadir pada audiensi itu di antaranya Ketua Riswan H Gultom, Sekretaris Bothaniman J Telaumbanua.

Pengurus dan Panitia Pelantikan SMSI Kepulauan Nias pada audiensi itu meminta arahan dan bimbingan untuk suksesnya pelaksanaan pelantikan SMSI Kepulauan Nias, yang direncanakan pada awal Mei 2023 mendatang.

Bupati Nias Ya'atulo Gulo mengatakan dukungannya atas kehadiran SMSI di Kepulauan Nias. Untuk itu diharapkannya agar persiapan dilaksanakan secara matang.

Bupati Ya'atulo Gulo berharap, SMSI di Kepulauan Nias benar-benar menjadi wadah profesional dalam meningkatkan kemampuan jurnalistik sehingga menghasilkan berita-berita yang mengedukasi.

Menurutnya, berita media bukan hanya membuat ataupun menyebarkan informasi. Lebih dari itu, harus juga menyampaikan edukasi, hiburan, promosi sehingga berimplikasi kepada perubahan karakter.

"Pada arus modernisasi saat ini, ada orang yang mudah sekali mendapatkan lisensi sebagai wartawan. Sebenarnya hal tersebut tidak bisa dibiarkan, karena pada kenyataannya tidak mampu berbuat banyak, kurang produktif. Kualitas beritanya pun kurang. Nah ini semua berimbas kepada penyediaan informasi yang kurang akurat," kata Bupati Ya'atulo Gulo.

Bupati Ya'atulo Gulo pun mengharapkan SMSI menjadi motor perubahan media pers ke depan. "SMSI Kepulauan Nias harus dapat menjadi wadah peningkatan kemampuan wartawan siber (online)," ujarnya lagi.

Ketua SMSI Kepulauan Nias, Suarman Telaumbanua, mengapresiasi pemikiran Bupati Ya'atulo Gulo memajukan pers di Kepulauan Nias. "Pemikiran Pak Bupati tentu menjadi masukan positif untuk penyusunan program kerja SMSI Kepulauan Nias," ujarnya.

"Terima kasih kami sampaikan. Semoga harapan dan masukan Pak Bupati dapat kami laksanakan," lanjut Ketua Suarman, sembari menyampaikan niat SMSI bermitra positif dengan Pemkab Nias.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan SMSI Kepulauan Nias, Riswan H Gultom pada audiensi itu, memaparkan bahwa persiapan panitia telah mencapai 70%. 

"Kami bersyukur semua pihak mendukung kehadiran SMSI di daerah kita. Ini yang juga penyemangat bagi kami panitia," ujarnya.

Ridwan menambahkan, agar panitia dan pengurus terus berkoordinasi dengan para kepala daerah serta unsur Forkopimda dan stakeholder lainnya hingga suksesnya pelantikan. (*)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini