Notification

×

Iklan

Iklan

Danramil 03/Pangururan Sambut Silaturahmi Tim Manggala Agni, Ini Yang Dibahas

Senin, 27 Maret 2023 | 14:51 WIB Last Updated 2023-03-27T07:51:12Z
Foto bersama| ist

Kabar Center

Samosir - Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Sugino menyambut kedatangan Unit Personil Manggala Agni wilayah Samosir yang melakukan silaturahmi ke Mako Ramil 03/Pangururan, Senin (27/03).

"Sinergitas antara TNI dan Manggala Agni harus terus ditingkatkan. Sehingga nanti karhutla dapat kita cegah bersama-sama," ujar Sugino.

TNI juga lanjut Sugino memiliki peran penting dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).  

"Silaturahmi ini sebagai bentuk saling koordinasi untuk menjaga lingkungan khususnya wilayah teritorial kita dari kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Sugino menambahkan, upaya pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan monitoring dan pengawasan ke titik titik rawan kebakaran. Kemudian melaksanakan Sosialisasi seperti komsos (komunikasi sosial) kepada masyarakat tentang bahaya karhutla sehingga diberikan imbauan untuk tidak membakar lahan dengan sembarangan.

"Dengan begitu akan dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan. Paling tidak dapat meminimalisir karhutla," ujarnya.

Komandan Tim Manggala Agni Osten Simanjuntak saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dengan TNI mengenai pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Samosir.

"Selain kepada TNI, kita juga tetap melakukan koordinasi dengan pihak pihak lainnya seperti Polri, BPBD, kecamatan, desa dan stakeholder lainnya," ujar Osten.

Pihaknya bersama stakeholder dan elemen elemen lainnya saling bersinergi untuk mencegah karhutla. "Kita sering melakukan pantauan pantauan titik rawan kebakaran dan melakukan patroli terpadu bersama tim gabungan," katanya.

Soal kesiapan, Osten menegaskan pihaknya selalu siaga dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Samosir.

"Iya, kita selalu siap. Jika ada kebakaran kita langsung turun ke lokasi. Dan dalam menghadapi karhutla, kita tidak harus berangkat bersama, tapi bisa bertemu di titik lokasi kebakaran," ungkapnya.

Dia juga mengharapkan kerjasama semua pihak termasuk masyarakat untuk sama sama menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya.

"Mari bersama sama menjaga hutan dan lahan, agar tidak dibakar dengan sembarangan, karena itu akan merugikan kita," pungkasnya.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini